Jumat , 20 April 2018
Beranda / Bidang-Bidang / DIKMEN / DISDIK SUMBAR ADAKAN SOSIALISASI PENULISAN PENGISIAN BLANKO IJAZAH

DISDIK SUMBAR ADAKAN SOSIALISASI PENULISAN PENGISIAN BLANKO IJAZAH

Untuk mengurangi kesalahan penulisan dalam  pengisian blanko ijazah/surat tanda tamat belajar di sekolah, Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat menyelenggarakan sosialisasi penulisan blanko ijazah yang dilaksanakan di Rocky Hotel Plaza selama dua hari 17 s.d. 18 Juni 2017. Kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat  Drs. Burhasman, MM, Sabtu ( 17-6 ) dan dihadiri oleh pejabat eselon III.

Dalam pengarahannya Kadis Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Drs. Burhasman, MM mengatakan, ijazah itu adalah sebuah dokumen, dia tidak sama dengan kertas biasa, maka  percetakannya juga melalui sistim tersendiri yang disebut dengan scurity printing tapi bukan digital printing.

Untuk menguji sebuah ijazah itu  palsu atau aslinya,  itu bisa  dilihat dari scurity printingnya, makanya setiap tahun ada pencatatan-pencatatan tentang kode-kode scurity dari scuritas dari  ijazah, sebab ijazah itu beda dengan dokumen lain dan harus ada perhatian khusus kita tentang ijazah karena  menyangkut dokumen pribadi orang-orang, makanya dokumen itu demikian pentingnya harus di back up.

Kepala Dinas Pendidikan Drs. Burhasman, MM menjelaskan, sebuah sekolah/ sebuah lembaga satuan pendidikan, sebuah buku dokumen yang harus tetap dijaga dan dipelihara itu adalah buku induk, makanya penulisan buku induk pemilihan bahan kertas dan penulisannya tidak sembarangan, dimana data anak pelajar itu sama dokumen-dokumennya disitu harus ada.

Kalau daerah kita rawan banjir ungkap Burhasman, ijazah, buku induk dan dokumen-dokumen lain jangan ditempatkan pada daerah yang rawan. Dalam penulisan blanko ijazah tidak boleh ditindih (doble) serta tidak diketik dan nanti akan berlaku, makanya dalam penulisannya harus ditulis tangan dengan sangat hati-hati dan pastikan data-data yang dimasukan harus konsisten, jelas Burhasman.

Baca  SMAN 3 Padang Wisudakan 306 Siswa/i Tahfidz Qur'an

Sementara itu ketua penyelenggara Bakhtiar, S.Sos, M.Pd mengatakan, sosialisasi penulisan blanko ijazah SD, SLB, SMA dan SMK serta program kesetaraan ini diikuti sebanyak 114 peserta yang terdiri dari Kasi Kurikulum Dikdas, Paudni, Kepala SLB, ketua MKKS SMP, SMA dan SMK Kab/Kota Provinsi Sumatera Barat yang dilaksanakan di Rocky Plaza Hotel jalan Permindo Padang, 17 s.d. 18 Juni 2017.

Materi yang disajikan dalam sosialisasi ini adalah tentang kebijakan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, penjelasan teknis penulisan blanko ijazah jenjang SD, SLB, SMP, SMA dan SMK serta program paket A, B, C dengan narasumber Kepala Dinas Pendidikan, Kabid Pembinaan SMA, SMK serta Kabid Pembinaan SLB.

Tentang nharsen

Komunitas Seni Sako Minangkabau

Lihat Juga

Dengan UNBK Semua Menjadi Efesien

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan, penerapan Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK) memiliki keunggulan …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: