Sabtu , 21 April 2018
Beranda / Bidang-Bidang / KADISDIKBUD : “PRAKARYA JANGAN HANYA MENJADI AJANG PENCARIAN NILAI, NAMUN BERNILAI EKONOMIS”

KADISDIKBUD : “PRAKARYA JANGAN HANYA MENJADI AJANG PENCARIAN NILAI, NAMUN BERNILAI EKONOMIS”

img_20161110_140346_hdr

Ada banyak ragam kreativitas, inovasi dan teknologi terbaru yang di tampilkan pada stand karya inovasi dalam rangkaian acara Gebyar Pendidikan 2016. Mulai dari keset anti maling, penanaman bibit tanaman Anggrek, menghidupkan/mematikan peralatan elektronik melalui ponsel, pemanfaatan media 3D dalam pembelajaran, dan banyak lagi. Namun ada satu stand yang menarik dan mampu bersaing dengan stand lainnya, yakni stand prakarya dari murid SMALB Negeri Padang.

Murid penyandang disabilitas ini mampu untuk bersaing dengan murid lainnya, dan dengan bangga menampilkan karya mereka yang memiliki nilai ekonomis. Selama ini banyak publik yang memandang sebelah mata penyandang disabilitas, nah melalui acara Gebyar Pendidikan 2016 ini, hasil prakarya kerajinan tangan ini dapat memberi sisi positif bagi penyandang disabilitas, karya yang mereka buat mampu bersaing jika di pasarkan dan menghapus pandangan publik bahwa mereka juga pintar, mereka juga punya kemampuan yang sama dengan murid normal lainnya, bahkan orang tua dari penyandang disabilitas ini turut bangga, bahwa anak mereka tidak lagi dipandang lemah bagi sebagian orang.

img_20161110_135839_hdr

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, Drs. Burhasman, MM turut mengapresiasi prakarya dari SMALB Negeri Padang ini, beliau berpendapat, agar prakarya dari semua murid secara umum harusnya tidak hanya untuk ajang pencarian nilai sekolah, akan tetapi bisa dijadikan produk yang bernilai ekonomis. Beliau juga menambahkan ini akan menjadi tantangan bagi guru dan sekolah agar mampu mengasah kreativitas mereka lebih dalam lagi.

Baca  Guru dan Tenaga Pendidik Berprestasi Mendapat Pembekalan

Drs. Burhasman, MM juga merencakan untuk membuat koperasi di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat agar koperasi ini nantinya menampung dari prakarya Murid-murid, agar bisa menjadi produk bernilai ekonomis kedepannya.

Tentang nharsen

Komunitas Seni Sako Minangkabau

Lihat Juga

Disdik Sumbar Adakan Workshop Guru Bahasa Inggris SMK

Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Disdik Sumbar) melalui Bidang PSMK mengadakan kegiatan Workshop untuk guru …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: