Kamis , 21 Juni 2018
Beranda / Bidang-Bidang / Sekretariat / OSN “Membangun Generasi Berkarakter, Berkualitas, dan Kompetitif”

OSN “Membangun Generasi Berkarakter, Berkualitas, dan Kompetitif”

Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Disdik Sumbar) selalu mengambil bagian dalam kompetensi bergensi tingkat nasional dalam bidang sains yaitu Olimpiade Sains Nasional (OSN) baik pada jenjang pendidikan dasar maupun pendidikan menengah. OSN setiap tahun dilaksanakan sebagai wahana kompetisi dalam bidang matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, sebagai bagian dari upaya komperhensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreatifitas dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai – nilai sportifitas.

Saat ini Disdik Sumbar menggelar acara OSN tingkat pelajar SD, kegiatan ini dilaksanakan pada dari tanggal 3 s/d 4 April 2018 di Rocky Hotel Plaza, Padang. Kegiatan ini dibuka oleh Kadisdik Sumbar, Burhasman.

OSN ini juga merupakan ajang pencarian bibit generasi muda yang ahli dalam bidang sains, serta seleksi untuk mengikuti OSN tingkat Nasional. sebelumnya peserta OSN ini sudah di seleksi tingkat kecamatan, kab/kota.

Dalam pembukaannya, Kadisdik menyampaikan harapan agar nantinya terjadi minat peserta didik dalam bidang Matematika dan IPA

“Biasanya bagi murid pelajaran Matematika dan IPA adalah pelajaran menakutkan, dengan hal ini kita buat untuk menggerakan mereka bahwa pelajaran ini menjadi pelajaran yang menyenangkan. Kami juga berharap peserta yang mampu berprestasi pada lomba ini, bisa menuju nasional, bahkan internasional” tuturya.

OSN tingkat SD ini mengabil tema “Membangun Generasi Berkarakter, Berkualitas, dan Kompetitif” diharapkan dapat menyediakan wahana bagi perserta didik tingkat SD/MI dan dapat memotivasi guru maupun peserta didik untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam bidang sains.

Baca  Disdik Sumbar Dukung Penuh Arif Firman Dalam LIDA

Kegiatan ini diikuti oleh 114 orang yang terdiri dari pelajar SD/MI baik negeri maupun swasta dari 19 kab/kota. Materi lomba bersumber dari kurikulum SD yang berlaku untuk mata pelajaran Matematika dan IPA, buku pelajaran, maupun buku penunjang yang relevan.

Tentang nharsen

Komunitas Seni Sako Minangkabau

Lihat Juga

Ramadhan Bulan Pendidikan

Ramadhan adalah bulan baik, sarana untuk mendidik diri, mendidik kita untuk menahan hawa nafsu, selalu …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: