Sabtu , 21 Juli 2018
Beranda / Halaman Utama / DKI Jakarta Juara Umum OSN 2018

DKI Jakarta Juara Umum OSN 2018

Event bergengsi Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018 telah selesai diselenggarakan, sebanyak 1.433 siswa SD, SMP, dan SMA memperebutkan 422 mendali dalam 9 kategori perlombaan. penutupan acara OSN tersebut resmi ditutup oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI (Mendikbud) Muhadjir Effendi di Auditorium UNP (6/7).

Provinsi DKI Jakarta merebut juara umum OSN 2018 yang diselenggarakan di Padang, Sumatra Barat, 1-7 Juli. Dalam kompetisi ini Jakarta meraih 19 medali emas, 24 medali perak, dan 29 medali perunggu yang untuk tahun mendatang menjadi Tuan Rumah OSN 2019. Sementara untuk juara kedua OSN 2018 diraih oleh Provinsi Jawa Timur dengan perolehan 13 medali emas, 18 medali perak, dan 26 medali perunggu. Provinsi Banten berada di peringkat ketiga dengan perolehan 11 medali emas, 14 medali perak, dan 11 medali perunggu.

Sedangkan tuan rumah Provinsi Sumatera Barat meraih 10 besar di peringkat 9 yang mendapatkan 1 emas, 4 perak, dan 7 perunggu. Mendikbud dalam sambutan penutupannya menyampaikan selamat kepada seluruh pemenang medali dan juara umum dalam OSN 2018.

Mendikbud berharap agar para peserta OSN ini melanjutkan studinya tetap di bidang sains pada jenjang pendidikan berikutnya serta ke depan menjadikan sains sebagai pilihan hidupnya. Ketika masuk perguruan tinggi tetap pada jalurnya di bidang Sains.

“Kelak 30 tahun atau 40 tahun yang akan datang akan muncul ilmuwan-ilmuwan yang berasal dari OSN ini,” ujar Mendikbud

Baca  79.298 Siswa SMA Sederajat Sumbar Ikuti UN

Mendikbud mengungkapkan, pemerintah saat ini sedang gencar-gencarnya membangun infrastruktur seperti jalan, pelabuhan, lapangan terbang, dan lainnya. Infrastruktur itu tak akan ada manfaatnya jika tidak disiapkan dengan sungguh-sungguh sumber daya manusia yang mengoperasikan infrastruktur tersebut.

“Kita butuh menyiapkan teknokrat-teknokrat yang akan mengisi teknostruktur dan kita butuh orang-orang yang menguasai teknologi itu sekaligus kreatif,” tutur mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu.Dalam penutupan tersebut turut hadir Direktur Pendidikan Menengah dan Dasar, Direktur Pembinaan Pendidikan Menengah, Wagub Sumbar, Kepala Dinas pendidikan Provinsi seluruh Indonesia, Kepala Sekolah Provinsi, dan Forkompinda.

 

 

Tentang nharsen

Komunitas Seni Sako Minangkabau

Lihat Juga

Panduan Pelaksaan Anugerah Kuis Kihajar 2018

Dalam rangka mengoptimalkan TV Edukasi, Radio Suara Edukasi, Rumah Belajar serta menumbuhkan minat dan giat …

%d blogger menyukai ini: