Sabtu , 21 Juli 2018
Beranda / Halaman Utama / 476 PELAJAR SMP IKUTI FLS2N SUMBAR

476 PELAJAR SMP IKUTI FLS2N SUMBAR

Kesenian merupakan salah satu wahana bagi manusia untuk mengekspresikan diri pada zamannya dan kesenian juga memiliki posisi yang strategis dalam dunia pendidikan. Melalui kegiatan seni itu siswa akan mampu mengasah kepekaan hati dan nurani yang pada akhirnya akan memperhalus budi pekerti dan tingkah lakunya.

Dalam upaya untuk memberikan ruang bagi kreativitas dan potensi siswa SMP di bidang seni dan sastra, Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat menggelar Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional ( FLS2N ) yang dilaksanakan 8 s.d. 11 Juli 2018 yang diikuti sebanyak 476 peserta.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan  Provinsi Sumatera Barat Drs. Burhasman, MM,  Minggu sore ( 8-7 ) di halaman Hotel Rasaki  Km-16 By.Pass Padang.

Dalam sambutannya Kadisdik Drs. Burhasman, MM mengatakan, dalam pembinaan pendidikan itu ada tiga hal yaitu pertama yang menyangkut akademik, olahraga dan seni. Ketiga bidang ini ada lombanya sampai ketingkat nasional, bagi siswa yang berbakat benar dibidang akademik bisa mengikuti Olimpiade Saint Nasional (OSN), dimana kemaren Sumbar menjadi tuan rumah penyelenggara tingkat nasional.

Kalau berbakat dibidang olahraga ada juga namanya yaitu O2SN yang dilaksanakan secara berjenjang, sedangkan bagi yang berbakat pada cabang seni dinamakan FL2SN, dimana pada hari ini dilaksanakan tingkat provinsi dan pesertanya adalah pemenangnya dari kab/kota.

Bagi yang memang  memiliki bakat menonjol, apakah itu dibidang akademik, olahraga ataupun dibidang seni, ada tempat, ada, sarananya dan ada bahagian yang bisa sebagai tempat uji coba pengembangan diri dan segala macamnya.

Baca  Wagub Sumbar Tinjau Pelaksanaan UNBK di Sumbar

Kadisdik Burhasman menjelaskane, pada penerimaan peserta didik baru tahun 2018 diberikan penghargaan kepada para pemenang lomba baik itu OSN, O2SN dan FL2SN perorangan bukan beregu juaranya di kab/kota boleh  masuk SMA/SMK di kab/kota itu tampa mengikuti proses PPDB dengan catatan nilai Matematika dan IPA tujuh.

Sementara itu ketua pelaksana Drs. Joni Busafril dalam laporannya mengatakan, FLS2N SMP tahun 2018 ini diselenggarakan selama empat hari dengan  memperlombakan sembilan  cabang seni yang terdiri dari kreativitas tari, musik  tradisional, gitar solo, menyanyi solo, desain poster, cipta puisi, cipta cerpen berbahasa Indonesia, story telling dan debat berbahasa Indonesia.

Kegiatan ini ujar Jondri Busafril  dilaksanakan di Komplek Asmara Haji Tabing Padang yang diikuti 476 siswa SMP dari utusan terbaik 19 kab/kota di Sumatera Barat. Pemenang  dari masing-masing lomba nantinya akan dikirim sebagai utusan provinsi ini untuk mengikuti FL2SN tingkat nasional di Provinsi Bangka Belitung pada pertengahan Agustus 2018

Tentang nharsen

Komunitas Seni Sako Minangkabau

Lihat Juga

Tuan Rumah Raih 12 Mendali OSN

Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018 Sumbar resmi ditutup oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI …

%d blogger menyukai ini: