Jumat , 22 November 2019
Beranda / Bidang-Bidang / Pembinaan SLB / Kadisdik Letakan Batu Pertama Surau Darul Ulum SMAN 1 Tilkam

Kadisdik Letakan Batu Pertama Surau Darul Ulum SMAN 1 Tilkam

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Kadisdik Sumbar) Burhasman, didaulat untuk meletakkan batu bertama pembangunan Surau Darul Ulum, SMA Negeri 1 Tilatang Kamang, Kabupaten Agam (2/3).

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan, Kepala cabang Dinas Pendidikan Agam-Pasaman Barat, Khairul Amri, S. Pd, MM, Ketua Ikatan Alumni SMAN 1 Tilatang Kamang (IKASMANTIKA, Idris Hadi Sikumbang, MT, Ustad Jel Fatullah, Kepala SMA N 1 Tilatang Kamang Dra. Willia Zulwerni, M. Si, Pengawas Sekolah, tokoh masyarakat KAN, tokoh pencetus berdirinya SMA Negeri 1 Tilatang Kamang, Datuak Basa Balimo, serta ratusan alumni baik yang pulang dari perantauan maupun yang menetap seputar Sumatera Barat.

alam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Drs. Burhasman Bur, MM sangat mengapresiasi dan mendukung pembangunan Surau Darul Ulum ini.

“Point penting yang tak bisa dipisahkan dari pendidikan adalah adanya nilai religiusitas dan intelegensi yang teraktualisasi dalam diri para siswa. Semoga kegiatan surau bukan hanya untuk sholat rutin namun di buat kegiatan rutin lain yang mendukung pembentukan karakter siswa,” harap Burhasman.

Sementara itu, wakil Bupati Agam, Trinda Farhan menegaskan akan pentingnya pemantapan pendidikan karakter dalam dunia pendidikan.

“Dalam agama Islam pun hal utama dan pertama di wahyukan adalah tentang membaca dan menulis. Jadi dengan keberadaan surau ini nanti di harapkan akan makin kuatlah perpaduan ilmu dan iman,” ujar Trinda.

Baca  Disdikprov Sumbar bersama Kementerian BUMN seleksi Siswa Mengenal Nusantara (SMN)

Pembangunan Surau Darul Ulum merupakan wujud dari kepedulian Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Tilatang Kamang (IKASMANTIKA) terhadap pentingnya pendidikan akhlak dan spiritual di sekolah ini.

Sebelumnya SMA N 1 Tilatang Kamang sudah memiliki mushalla untuk sarana ibadah siswa, namun dianggap terlalu kecil dan tidak mampu menampung seluruh siswa. Karena itu keberadaan mushalla baru yang lebih luas sudah menjadi kebutuhan sekolah yang tak terelakkan lagi. Surau (mushalla) baru yang rencananya akan dibangun seluas 20 x 20 m diperkirakan dapat menampung 600 jamaah, dan membutuhkan total dana Rp 1,7 M. Tercatat sudah terkumpul Rp 527 juta dana pembangunan surau yang dihimpun dari berbagai pihak, diantaranya Sumbangan Alumni, Komite Sekolah, Guru-guru dan segenap kaum muslimin dan muslimat yang tergerak hati untuk mensupport pendidikan agama siswa-siswi SMA Negeri 1 Tilatang Kamang, ditargetkan Surau Darul Ulum sudah bisa digunakan untuk ibadah pasca bulan ramadhan mendatang.

Lihat Juga

Siswa SLB Sumbar Ikuti Lomba Keterampilan Siswa

Untuk kali pertama Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Disdikprov Sumbar) melalui bidang PSLB menggelar kegiatan …