Minggu , 21 Oktober 2018
Beranda / Halaman Utama / 20 Pelajar Terbaik Sumbar Kuliah Di Negeri Tirai Bambu

20 Pelajar Terbaik Sumbar Kuliah Di Negeri Tirai Bambu

Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Disdik Sumbar) melepas 20 putra putri terbaik untuk mengenyam bangku perkuliahan di Negeri Tirai Bambu, China. Pelajar ini dilepas langsung oleh Kadisdik Sumbar Burhasman di Ruang Khusus Disdik Sumbar (18/9).

Di bawah Bendera Yayasan Citra Ihsan Madani melakukan sebelumnya menyeleksi pelajar SMA yang baru lulus untuk melanjutkan study belajar perguruan tinggi ke China.

Apresiasi besar diberikan oleh Kadisdik untuk hal ini, karena telah memberangkatkan pelajar Minang untuk kuliah ke China dan telah membangun program kerjasama dengan beberapa Perguruan Tinggi di China sehingga pada Tahun ini sebanyak 20 orang siswanya dapat menerima beasiswa dan mengembangkan diri ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Dalam kesempatan itu disampaikan pula bahwa pemerintah sangat menyadari keberhasilan dalam meningkatkan kemajuan daerah hanya dapat dilakukan dengan kualitas sumber daya manusia yang baik.

Dimana SDM berkualitas merupakan salah satu asset bagi daerah untuk menghadapi globalisasi dan Era Masyarakat Ekonomi ASEAN yang menuntut kompetisi di segala bidang, sekaligus dalam rangka lebih mengoptimalkan pelaksanaan otonomi daerah. Dengan kata lain, sumber daya manusia merupakan faktor yang paling dominan dalam mewujudkan daerah yang memiliki daya saing tinggi.

Kadisdik juga menyampaikan bahwa ini kesempatan emas yang kalian terima, dan China sudah mulai menguasai bidang Teknologi, saya harap Teknologi di China bisa diaplikasikan di Ranah Minang.

Baca  Sebelum Bersaing Dalam Dunia Kerja, Siswa SMK di Sumbar Dibekali Pelatihan Dan Magang

“saya berharap keberhasilan anak-anakku sekalian dapat menjadi contoh dan teladan yang baik bagi siswa siswi lainnya untuk terus berupaya meningkatkan prestasi akademiknya. Saya juga berharap kepada anak-anakku sekalian agar kesempatan emas ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi peningkatan pengetahuan, wawasan dan kompetensi apalagi bidang Teknologi yang china sudah merajai, untuk itu kalian juga harus pelajari bahasanya,” pungkasnya.

Nantinya pelajar ini akan kuliah selama 3 tahun (Program D3) di 2 Perguruan Tinggi, yaitu di Suzhou Intitute Of Trade and Commerce dan Huazhong University. Untuk diketahui, program kerjasama ini sudah kali ke-3 nya diberangkatkan, dan untuk tahun depan, pemerintah menargetkan memberangkatkan 70 pelajar untuk kuliah di China.

 

 

Lihat Juga

Raker Teknis Urusan Pendidikan 2018 : Tingkatkan Pembangunan Pendidikan

Merujuk pada amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Dalam Undang-Undang tersebut dicantumkan …