Jumat , 13 Desember 2019
Beranda / Halaman Utama / Adib Alfikri: Jangan Anggap Remeh Penulisan Blanko Ijazah

Adib Alfikri: Jangan Anggap Remeh Penulisan Blanko Ijazah

“Kegiatan ini memang bentuknya simpel dan jangan dianggap remeh, jika tidak dilakukan dengan benar bisa mempengaruhi masa depan anak didik kita dengan kesalahan menuliskan data siswa pada blanko ijazah mereka, subtansi kegiatan ini sangat penting untuk meminimalisir kesalahan pada penulisan data siswa” tutur Adib pada pembukaan Sosialisasi Penulisan Blanko Ijazah SMA/SMK dan SLB di Rocky Hotel Padang (17/6).

Kegiatan Sosialisasi Penulisan Blanko Ijazah ini dinarasumberi oleh Bapak Syofrizal Selaku Kabid Pembinaan SMK dan Kabid Pembinaan SLB Bapak Irman yang diikuti oleh ketua MKKS dan Kepala Cabang Disdikprov Sumbar sebanyak 76 orang.

Ketua Panitia Nusa Kartika menjelaskan terkait penulisan ijazah, ia mengatakan ada hal-hal penting yang harus diperhatikan didalam penulisan ijazah agar tidak mengalami kesalahan nantinya seperti tahun-tahun sebelumnya. ijazah merupakan salah satu dokumen negara yang diperoleh siswa-siswa kita setelah menyelesaikan pendidikan formal maupun informal pada satuan pendidikan dimana keabsahan informasi dan datanya bersifat  mutlak sebagai bukti yang sah.

Lebih lanjut Kadisdikprov Sumbar Adib Alfikri  berharap agar seluruh peserta dapat paham akan sosialisasi ini agar tidak toledor nantinya, anak didik kita bisa jadi korban. Peserta di sini harus lebih paham dulu, baru bisa menshare tata cara penulisan blanko ijazah, kalau tidak paham bagaimana menyebarluaskan kepada sekolah yang berada dalam wilayahnya dan tingkat dibawahnya, agar  berkurang kekeliruan-kekeliruan  yang menimbulkan masalah dikemudian hari dalam penulisan ijazah maka oleh karena itu diperlukan keseriusan.

Baca  Gebyar Pendidikan 2019 Sebagai Wujud Kreatifitas dan Inovasi

“Saya berpesan kepada peserta, catat apa yang dikerjakan, dan kerjakan apa yang dicatat karena ini adalah dokumen negara jadi harus berhati-hati dalam pengisiannya”, pungkas Adib diakhir sambutannya.

Adapun materi yang disajikan dalam kegiatan sosialisasi ini adalah tentang kebijakan Disdikprov Sumbar yang merujuk pada Permendikbud mengenai penjelasan teknis penulisan blanko ijazah jenjang  SMA, SMK dan SLB.

 

Lihat Juga

Kuatkan Karakter Siswa, Disdik Sumbar Gelar GSMS

Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Disdikprov Sumbar) gelar pementasan seni Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) …