Jumat , 22 November 2019
Beranda / Cabang Dinas / Disdik Sumbar Serahkan Hasil UN 2019

Disdik Sumbar Serahkan Hasil UN 2019

Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Disdik Sumbar), telah me­nerima hasil Ujian Nasional (UN) untuk jenjang SMA/SMK/MA 2018/2019 dari Kementerian Pendidikan dan Ke­budayaan (Ke­men­dik­bud).Hasil UN diberikan oleh Kadisdik Adib Alfikri kepada Ketua MKKS, Cabang Dinas Kab/Kota  di Aula Baltekkomdik (8/5) yang nantinya diteruskan ke sekolah diwilayahnya masing masing.

Untuk nilai tertinggi siswa maupun sekolah, juga akan dilihat saat penyerahan hasil UN. Ter­masuk menyampaikan soal peringkat nasional rata-rata nilai UN per jenjang pen­didikan di kabupaten/kota dan sekolah dengan rata-rata tertinggi.

Dalam pembukaannya Kadisdik Adib menjelaskan “ini bukan masalah teknisnya lagi, tapi harus menyusun  strategi dari hasil UN yang diserahkan ini mau diapakan kedepannya. nantinya ada sekolah yang dapat peringkat, siswa dengan nilai tertinggi, MKKS atau Cabang Dinas harus segera menyusun strategi dan mengerahakan jajarannya”, tuturnya.

Terkait masalah kecurangan UN, Adib mengakui masih mendapat laporan adanya kecurangan dari siswa kita “ini harus menjadi catatan dan eveluasi kenapa kecurangan masih ada, apakah ada kesengajaan atau bagaimana, jaman anak milenial ini canggih canggih, foto saat ini bisa dalam bentuk pena, kacamata, maka dari itu Cabdin dan MKKS harus berinovasi bagaimana cara mencegah hal ini”, tambahnya.

Terkait dengan kelulusan siswa, Adib menjelaskan hal itu ditentukan dari hasil nilai UN ditambah dengan hasil nilai ujian akhir sekolah. Artinya sekolah yang me­nen­tukan kelulusan siswa setelah digabungkan nilai UN dan nilai sekolah.

Baca  Kebijakan tentang Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Tahun 2017

“Karena UN memang bu­kan lagi me­nentukan tingkat kelulusan siswa, tapi nilai UN ini akan di­ga­bungkan dengan nilai sekolah. Ter­ma­suk nilai yang dari guru se­lama sekolah,”pung­kas­nya

Sementara itu, Sekretaris Disdik Sumbar Bustavidia menambahkan “UNBK tahun ini untuk SMK umumnya  sudah UNBK, sedangkan SMA masih ada beberapa tempat seperti mentawai yang masih UNKP, dan tahun depan kami akan mengusahakan untuk pengadaan Genset karena ini yang paling banyak dikeluhkan sekolah”, tuturnya.

Adapun untuk nilai UN tertinggi untuk kategori IPA tingkat SMA diraih oleh Kota Padang Panjang yang memiliki hasil UN tertinggi untuk IPA tingkat SMA, ditempat kedua ada Kota Payakumbuh. Sedangkan Untuk Bahasa tingkat SMA diraih oleh Kota Bukittinggi.

Lihat Juga

Siswa SLB Sumbar Ikuti Lomba Keterampilan Siswa

Untuk kali pertama Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Disdikprov Sumbar) melalui bidang PSLB menggelar kegiatan …