Kamis , 12 Desember 2019
Beranda / Cabang Dinas / Direktur PSMK dan Kadisdik Sumbar Sambangi Guru Dharmasraya

Direktur PSMK dan Kadisdik Sumbar Sambangi Guru Dharmasraya

Direktur Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (PSMK Kemendikbud) Bakrun didampingi Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Kadisdikprov Sumbar) melakukan kunjungan dalam rangka temu ramah bersama Kepala SMA/SMK se- Kab Dharmasraya bertempat di Hotel Umega, Dharmasraya. (15/11).

Kunjungan ini membahas dan diskusi ringan akan arah kebijakan pusat bagi pemerintah daerah, kiat-kiat meningkatkan sekolah vokasi dan sekaligus menjalin kerjasama dengan DuDi (Dunia Usaha Dunia Industri).

Bakrun dalam temu ramah menyampaikan bahwa saat ini kita tengah menjalankan visi misi Presiden.

“kita itu (Kemendikbud) tidak ada visi misi, yang ada itu visi misi presiden, dan presiden meminta agar pendidikan vokasi itu menjadi tanggungjawab bersama, pun demikian kita harus bahu membahu agar SMK ini dapat mengurangi pengangguran”, tuturnya.

Ia juga menyinggung soal peralatan sekolah yang terbatas dengan mengikuti persaingan DuDi.

“Nah kalau peralatan, kita harus pandai pandai menjalin kerjasama dengan DuDi, anggaran kita tidak mampu mengikuti pihak DuDi, kalau kita hanya mampu upgrade peralatan tiap 5 tahun, kalau DuDi itu aplikasinya untuk bisnis, dia harus update dengan persaingan”, tambahnya.

“kami berencana untuk mengkolaborasikan konsep SMK dan SMA, kalau SMK kita bicara DuDi, kalau SMA bicara perkuliahan, saya berpikir bagaimana kalau di vokasi dijenjang akhirnya kita tanamkan pendidikan yang mengarah ke perguruan tinggi, walaupun nantinya mau ke Dudi, dan sebaliknya SMA juga gitu,” ungkapnya.

Baca  SMA NEGERI BANUHAMPU JUARA LCC EMPAT PILAR

senada dengan hal tersebut, Kadisdik Adib menyampaikan Pemprov konsen akan memajukan dunia pendidikan vokasi.
indikatornya kami ingin murid kita siap dengan Dudi

“Tugas kita bukan hanya pemberian knowledge, akan tetapi juga pendidikan karakternya, kebanyakan anak kita ini punya skill dan knowledge tapi tidak punya kesiapan dalam karakter untuk memasuki Dudi,” imbuhnya.

Dalam temu ramah tersebut juga melaksanakan MoU antara pihak SMK dan DuDi yang disaksikan oleh Direktur PSMK dan Kadisdik Sumbar.

Diketahui nantinya Direktur PSMK akan menjadi inspektur upacara pada pelantikan Taruna siswa SMKN 1 Koto Baru Dharmasraya.

Lihat Juga

Kuatkan Karakter Siswa, Disdik Sumbar Gelar GSMS

Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Disdikprov Sumbar) gelar pementasan seni Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) …