Jumat , 13 Desember 2019
Beranda / Halaman Utama / Disdik Sumbar Gelar LKS SMK Sumbar

Disdik Sumbar Gelar LKS SMK Sumbar

Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Disdik Sumbar) melalui Bidang Pembinaan SMK mengadakan kegiatan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Siswa SMK se-Sumatera Barat. Kegiatan ini dilakukan pada 24 s/d 27 Mei 2019 yang diadakan di Hotel Axana Padang.

Disdi Sumbar terus berupaya meningkatkan kualitas kompetensi lulusan SMK agar sesuai dengan kebutuhan dunia usaha/industri yang saat ini memasuki revolusi industry 4.0. Peserta didik dilatih, dibina dan dibimbing agar memiliki sikap, pengetahuan dan keterampilan kerja sesuai yang dipersyaratkan pasar kerja (user) yang mengedepankan kemampuan literasi, pendidikan karakter dan keterampilan abad 21.

Peserta didik terus didorong dan dimotivasi untuk meraih prestasi setinggi-tingginya sehingga mereka siap kerja baik di dalam maupun di luar negeri. Salah satu wadah untuk mendorong dan memotivasi peserta didik SMK tersebut adalah melalui Lomba Kompetensi Siswa (LKS) yang sudah menjadi agenda rutin Kementrian Pendidikan, dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat Kabupaten/kota, Provinsi sampai ke tingkat Nasional.

Dalam Pembukaannya Kadisdik Sumbar Adib Alfikri menyampaikan “siswa SMK harus memiliki kompetensi sesuai kebutuhan pasar kerja baik untuk memenuhi kebutuhan daerah, tingkat Nasional maupun Internasional. Untuk itu SMK memerlukan wadah guna memotivasi peningkatan kompetensi siswa berupa kegiatan kompetisi sekaligus sebagai  upaya mempromosikan lulusan SMK kepada dunia usaha/dunia industri serta pemangku kepentingan lainnya,” tuturnya.

Adapun bidang lomba yang pertandingkan pada LKS SMK Tingkat Provinsi Sumatera Barat XXVII tahun 2019 sebanyak 25 bidang lomba, diselenggarakan di 4 lokasi yaitu Fakultas Teknik UNP sebanyak 18 bidang lomba, di SMK Negeri 1 Padang sebanyak 2 bidang, di SMKN 6 Padang sebanyak 3 bidang lomba dan di SMKN 9 Padang sebanyak 2 bidang lomba. Peserta lomba akan dinilai oleh Juri-Juri yang kompeten yang berasal dari Akademisi dan Dunia Usaha/Dunia Industri. Pemenang LKS Tingkat Provinsi akan diberikan perhargaan berupa Tropi dan Tabanas, dan Peserta yang menjadi Juara I untuk setiap bidang lomba akan mewakili Provinsi Sumatera Barat di ajang LKS SMK Tingkat Nasional XXVII tahun 2019 pada tanggal 7 s.d 13 Juli 2019 di Yogyakarta.

Lihat Juga

Kuatkan Karakter Siswa, Disdik Sumbar Gelar GSMS

Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Disdikprov Sumbar) gelar pementasan seni Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) …