Minggu , 21 Oktober 2018
Beranda / Halaman Utama / Melalui LKS, SMK Diharapkan Meningkatkan Kompetensi Serta Softskill

Melalui LKS, SMK Diharapkan Meningkatkan Kompetensi Serta Softskill

Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK se-Provinsi Sumatera Barat secara resmi dibuka semalam. Kegiatan ini dihadiri oleh  berbagai  tokoh penting, diantaranya Kepala Dinas Pendidikan Sumbar  Burhasman, Kepala Bidang Pembinaan SMK Syofrizal, dan Pejabat Eselon III & IV di lingkungan Disdik Sumbar serta  undangan dan peserta lomba dari berbagai SMK di Sumbar. Pelaksanaan lomba LKS dilaksanakan dari tanggal 08 s/d 12 Maret 2018. Pembukaan LKS ini dilaksanakan di Ballrom Hotel Axana Padang.

Kegiatan ini juga sebagai seleksi  untuk mendapatkan siswa-siswi SMK terbaik dari Sumbar yang selanjutnya mereka akan dibimbing lebih lanjut untuk diikutsertakan pada kompetisi keahlian tingkat nasional hingga internasional.

“Lewat kompetisi ini, SMK diharapkan tergugah untuk menciptakan inovasi dan terangsang kreativitasnya serta mampu meningkatkan kompetensinya serta softskillnya. Disdik akan terus memperkuat kelembagaan SMK. Salah satunya dengan meningkatkan kualitas sarana prasarana dan pengajarnya,” jelas Burhasman saat membuka kegiatan tersebut, Kamis, (8/3).

Tujuan dari kegiatan pelaksanaan kegiatan LKS adalah mengukur pencapaian kompetensi siswa di Sumbar dibandingkan standart baku yang berlaku secara Nasional maupun Internasional, merencanakan program pengembangan dan pembinaan SMK cara peningkatan kwalitas dan relevansi  tamatan terhadap kebutuhan masyarakat, menyusun peringkat peserta yang selanjutnya dijadikan dasar untuk seleksi calon peserta lomba yang akan mewakili Sumbar dalam tingkat Nasional, mengukur dan memantau kwalitas siswa sesuai dengan kompetensi keahliannya, mempromosikan kompetensi lulusan SMK kepada dunia usaha dan dunia industri sebagai pengguna tenaga kerja, ajang sharing ide antar SMK se-Sumbar.

Baca  Disdik Sumbar Gelar Pendidikan Karakter Kepramukaan

“Cara ini akan memberikan ketrampilan yang dibutuhkan oleh siswa. Ini bisa menjembatani dengan lapangan kerja yang sesungguhnya. Contohnya seperti Edotel juga berperan sebagai teaching factory yang siswa bisa belajar praktik secara langsung tidak hanya teori dalam kelas,” tambahnya.

Nantinya siswa SMK  diharapkan dari pelaksanaan kegiatan LKS adalah terpilihnya siswa terbaik untuk mewakili Sumbar mengikuti lomba kompetensi tingkat Nasional, menghubung persahabatan dan kerjasama, meningkatkan citra SMK sebagai pilihan yang tepat sebagai tempat pendidikan dan pelatihan berkualitas siswa se Sumbar.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar Syofrizal mengatakan, siswa yang ambil bagian pada LKS tersebut, merupakan siswa terbaik, setelah menjalani seleksi secara berjenjang di Tingkat Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat.
Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara LKS Raymon mengatakan, selama pelaksanaan LKS dimaksud siswa akan mengikuti 34 bidang lomba dengan 5 kelompok bidang keahlian.

Lebih jauh Raymon mengatakan, pada lomba LKS dimaksud dilibatkan 90 orang ahli dari 3 Pergruan Tinggi di Padang yang bertugas sebagai juri untuk menentukan anak yang akan mewakili LKS ke Tingkat Nasional.

Lihat Juga

Raker Teknis Urusan Pendidikan 2018 : Tingkatkan Pembangunan Pendidikan

Merujuk pada amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Dalam Undang-Undang tersebut dicantumkan …