Selasa , 23 Juli 2024

EXPO SMK PROVINSI SUMATERA BARAT TAHUN 2024

“Kreativitas, Inovasi dan Digitalisasi SMK”

Dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia Indonesia emas tahun 2045, SMK sebagai bagian dari ekosistem Pendidikan perlu menyiapkan secara matang  kurikulumnya yakni kurikulum yang teritegrasi dengan dunia kerja/dunia industri, baik berskala Nasional maupun Internasional. Selain kurikulum yang terintegrasi dengan dunia kerja, perlu diperhatikan sarana dan prasarana pembelajaran praktik yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja.

Dengan adanya kurikulum dan sarana prasarana yang terstandar industri, diharapkan dapat menghasilkan lulusan SMK yang kompeten dan Profesional di teknologi konstruksi dan bangunan, teknologi manufaktur dan rekayasa, energi dan pertambangan, teknologi informasi, kesehatan dan pekerjaan sosial, agribisnis dan agriteknologi, kemaritiman, bisnis dan manajemen, pariwisata, seni dan ekonomi kreatif.

Lulusan SMK yang kompeten akan berkontribusi positif meningkatkan daya saing produk Nasional, sekaligus berorientasi menjaga kelestarian lingkungan hidup. Produk yang dihasilkan SMK diharapkan menerapkan SNI baik SNI terkait sistem manajemen, maupun produk. Selanjutnya produk-produk tersebut perlu juga terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN), dan mendapatkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

Kegiatan Expo SMK Sumatera Barat 2024 akan mempertemukan seluruh pemangku kepentingan terutama pelaku usaha, lembaga penilaian kesesuaian, pemerintah (pusat dan daerah), dan universitas yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi, forum diskusi tentang perkembangan standar dan penilaian kesesuaian (SPK), serta menciptakan peluang-peluang transaksi baik jangka pendek, menengah, maupun panjang.

Expo SMK Provinsi Sumatera Barat 2024 diisi dengan kegiatan FGD dan  talkshow tentang dunia SMK, Expo produk-produk unggulan SMK, pagelaran seni dan budaya serta lomba kompetensi SMK. Kegiatan ini akan dihadiri oleh pengelola, pemerhati dan insan SMK, termasuk pengambil kebijakan baik di tingkat pusat maupun daerah serta dunia kerja dari dalam negeri seperti Jakarta, Batam, Medan, Semarang, Jogyakarta, Surabaya dan Solo serta dari luar negeri antara lain Jepang Jerman dan Malaysia, Tujuan EXPO SMK Provinsi Sumatera Barat Tahun 2024 :

  1. Menyiapkan inovasi hasil kreaktivitas siswa SMK sebagai hasil produk Nasional yang akan memenuhi kebutuhan masyarakat.
  2. Menyiapkan tenaga kerja terampil lulusan SMK untuk dunia usaha dan dunia industri
  3. Menyiapkan Entrepreneure alumni SMK untuk membuka lapangan pekerjaan dan mengurangi pengangguran serta meminimalkan masalah sosial.
  4. Meningkatkan transaksi ekonomi, traffic pengunjung dan jumlah pengunjung Nasional dan Internasional
  5. Sebagai ajang study tiru dari berbagai peserta SMK Nasional yang hadir termasuk sponsor branding perusahaan, produk, atau instansi pemberi izin HAKI, ISO, BSN dan SNI
  6. Peningkatan follower dan engagedment media sosial lembaga-lembaga SNI, ISO, HAKI, BSN, medsos peserta dan sponsor
  7. Membuka ruang bagi produk SMK yang selama ini tidak terekspos dan menumbuhkan ruang kreativitas bagi siswa serta membuka jalur hilirasi produk.
  8. Menguatkan dan mengkolaborasikan jejaring antar SMK dan industri serta lembaga swasta

Sasaran kegiatan Expo SMK Sumatera Barat 2024 adalah :

  1. Para pengambil kebijakan di bidang Pendidikan, khususnya jenjang SMK
  2. Pengawas Sekolah
  3. Kepala Sekolah
  4. Guru dan tenaga kependidikan
  5. Pengurus Komite Sekolah/Orang tua peserta didik
  6. Peserta didik, khususnya SMK
  7. Dunia Kerja
  8. Mitra SMK lainnya

Kegiatan dikemas dalam bentuk Expo aktivitas dan produk unggulan SMK Negeri dan Swasta Se-Sumatera Barat, terutama produk-produk 43 SMK yang menerapkan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Penyelenggara kegiatan Expo SMK Sumatera Barat menyiapkan sarana dan prasarana baik utama maupun pendukung bagi terselenggaranya kegiatan Expo yang membanggakan dan mengesankan bagi semua peserta dan pengunjung, yaitu :

  1. Panggung utama, sebagai tempat seremonial dan ajang pagelaran seni budaya
  2. Booth, disiapkan 80 booth sebagai tempat memamerkan produk-produk unggulan SMK, sekaligus sebagai ajang promosi dan transaksi dengan buyer
  3. Ruang coaching clinic untuk memberikan konsultasi dan asistensi kepada peserta didik yang ingin memahami lebih dalam tentang pengelolaan produk SMK, termasuk jenjang karir dan pengelolaan bisnis bagi yang akan bekerja/berwirausaha
  4. Ruang peserta/pengunjung yang akan mengikuti FGD dan talkshow, sekaligus menikmati acara pegelaran seni dan budaya
  5. Stand Kuliner Minangkabau, yang menyajikan berbagai makanan/minuman khas tradisional Minangkabau

Kegiatan utama Expo SMK Provinsi Sumatera Barat dilaksanakan tanggal 7 s.d 11 Agustus 2024, di Pelataran Medan Nan Bapaneh, Ngalau Indah, Kota Payakumbuh-Sumatera Barat, Seminar dan Talkshow, Bincang Vokasi, Expo Produk SMK, Lomba-lomba, Konser SMK, FGD Kepala Sekolah, Guru dan Siswa dan Stand Kuliner Minangkabau, yang akan di hadiri dan membuka kegiatan secara resmi oleh :

  1. Bapak Nadiem Anwar Makarim, BA, MBA (Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi)
  2. Ibu Dr. Ir. Kiki Yuliati, M.Sc (Dirjend. Vokasi)
  3. Bapak Dr. Wardhani Sugiyanto, M.Pd (Direktur SMK)
  4. Bapak Mahyeldi, S.P (Gubernur Sumatera Barat)
  5. Bapak Supardi (Ketua DPRD Sumatera Barat)

Keynote Speaker/Narasumber/Pemateri pada kegiatan FGD dan Talkshow :

  1. Bapak Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno B. BA, MBA (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)
  2. Hj. Ida Fauziah, M.Si (Menteri Tenaga Kerja)
  3. Tim Koordinasi Daerah Vokasi (TKDV) Sumatera Barat
  4. Alumni SMK

Kegiatan pendukung yang sangat strategis selama kegiatan Expo SMK Sumatera Barat 2024 Penandatanganan dokumen Kerjasama (MoU) antara SMK dengan Dunia Kerja sesuai program keahlian yang relavan, Pemanfataan jejaring Dunia Kerja untuk publikasi dan pemasaran produk SMK, Pengurusan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) dari produk SMK.

Download :

Panduan EXPO SMK

Flyer EXPO SMK

Flyer Lomba International Competition

Juknis Lomba Indonesia

Juknis Lomba English

 

#DinasPendidikanProvinsiSumatera Barat

#SMKBisa,SMKHebat, VokasiKuat, MenguatkanIndonesia

Tentang Afriando

Lihat Juga

BASIKOLA ” Carito Pendidikan Sumatera Barat” edisi#1 Batambah

Hai gen Z Sumbar, pasti banyak nan batanyo-tanyo ndak, manga ado komik kini di akun …

Tinggalkan Balasan