Sabtu , 7 Desember 2019
Beranda / Halaman Utama / Disdikprov Sumbar bersama Kementerian BUMN seleksi Siswa Mengenal Nusantara (SMN)

Disdikprov Sumbar bersama Kementerian BUMN seleksi Siswa Mengenal Nusantara (SMN)

Dinas Pendidikan Provinsi Sumaters Barat (Disdikprov Sumbar) bekerjasama dengan Kementerian BUMN melaksanakan seleksi program Siswa Mengenal Nusantara (SMN). Seleksi ini diadakan di Hotel Grand Zurry, Padang dari 16 s/d 18 Juli 2019.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kadisdikprov Sumbar Adib Alfikri, Kabid Monitoring & Evaluasi Kementerian BUMN Sandra Firmania, Vice President CSR PT KAI Agus Supriyono, vice President CSR PPA Chandra Satya, Kepala Unit CSR PT Semen Padang M. Ikrar dan Pejabat di lingkungan Disdikprov Sumbar.

Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) ditujukan untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB. Keragaman kekayaan Nusantara dan potensi daerah diperkenalkan melalui interaksi langsung siswa dengan komponen Pemerintahan dan masyarakat di provinsi yang dikunjungi.

Dalam sambutannya Adib menyambut baik dan antusias seleksi dalam program dari BUMM yang dikeluarkan untuk siswa di Sumbar.

” Kami mengapresiasi untuk BUMN yang telah memberi kesempatan untuk siswa kita, siswa yang ada saat ini adalah siswa yang terbaik yang nantinya kalian akan diseleksi untuk ikut dalam program SMN ini, perlu adanya kesungguhan dari diri kalian agar dapat lolos dalam kesempatan ini”, pungkasnya.

Adib juga menekankan harus sportif dalam ujian seleksi ini, karena program ini memberikan dampak terbangunnya jaringan dan wawasan siswa mengenal Indonesia dan ini adalah wujud nyata BUMN hadir untuk Negeri.

Baca  KEGIATAN PEMBERDAYAAN PENGAWAS SEKOLAH DAN AKADEMIK dalam SUPERVISI MANAJERIAL SEKOLAH TAHUN 2014

Dalam wawancara terpisah, dikatakan Sandra siswa yang diambil tiap kab/kota di Sumbar adalah yang terbaik dan berprestasi serta dari kalangan siswa kurang mampu yang dibuktikan dengan surat dari daerah setempat, tiap kab/kota mengirim sebanyak 2 orang wakilnya dan untuk di Sumbar menyeleksi 43 siswa yang 40 orang dari siswa SMA/SMK dan 3 orang dari siswa disabilitas, nantinya akan diseleksi untuk dikirim sebanyak 23 orang untuk ikut program ini.

Adapun 23 siswa yang lolos seleksi, Sumbar kebagian jatah untuk mengunjungi Banjarmasin selama 2 pekan pada minggu ke 2 Agustus mendatang. Disana siswa nantinya akan mengikuti kegiatan bela negara, Pengenalan perusahaan BUMN di daerah setempat, dan Puncaknya memperingati HUT RI.

Lebih lanjut nantinya diharapkan para siswa lebih mengenal sosial budaya daerah setempat dan meningkatkan rasa cinta tanah air,  disamping itu juga mengenalkan kepada siswa perusahaan BUMN yang kedepan para siswa memiliki rasa cita-cita bekerja dan berkontrinubi untuk BUMN.

Untuk diketahui program ini adalah agenda tahunan BUMN hadir untuk negeri, siswa yang hadir akan di seleksi dari Tes tertulis, Baris berbaris, dan wawancara.

 

Lihat Juga

Kuatkan Karakter Siswa, Disdik Sumbar Gelar GSMS

Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Disdikprov Sumbar) gelar pementasan seni Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) …