Warning: mysqli_num_fields() expects parameter 1 to be mysqli_result, boolean given in /var/www/disdik.sumbarprov.go.id/htdocs/wp-includes/wp-db.php on line 3182

Warning: mysqli_num_fields() expects parameter 1 to be mysqli_result, boolean given in /var/www/disdik.sumbarprov.go.id/htdocs/wp-includes/wp-db.php on line 3182
Rabu , 26 September 2018
Beranda / Halaman Utama / BIMBINGAN TEKNIS PENGELOLAAN PENATAUSAHAAN UNTUK MEWUJUDKAN PEMERINTAHAN GOOD GOVERNANCE

BIMBINGAN TEKNIS PENGELOLAAN PENATAUSAHAAN UNTUK MEWUJUDKAN PEMERINTAHAN GOOD GOVERNANCE

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) dan Bendahara Pengeluaran Pembantu (BPP) pada SMA, SMK, dan SLB Negeri Se- Sumatera Barat, merupakan ujung tombak utama terwujudnya penatausahaan  keuangan yang tertib menuju Good Governance pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Pendidikan Sumatera Barat. Terselenggaranya tata kelola pemerintahan dimulai dari pengelolaan keuangan yang baik. Mulai dari proses perencanaah, penatausahaan, dan pertanggung jawaban, dapat dikelola secara efektif dan efesien, serta berdasarkan prinsip-prinsip transparansi dan akuntabel.

Untuk meciptakan tata kelola pemerintahan yang Good Governance diperlukan pemahanan yang komprehensif bagi aparatur OPD Dinas Pendidikan Sumatera Barat. Dalam mengimpletasikann dan menjabarkan APBD tahun anggaran 2017 harus dikelola secara efektif, efisien berdasarkan prinsip-prinsip transparansi dan akuntabel, sehingga di dalam mempertanggungjawabkan pengelolaan keuangan daerah tidak terjadi temuan-temuan oleh Aparatur Pengawas Internal Pemerintah. Pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan yang baik adalah faktor kunci keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah. Sesuai ketentuan, peran dan tugas seorang bendahara sangat strategis dengan beban yang besar, sehingga dituntut bekerja secara profesional, hati-hati, teliti, dan bertindak cekatan.

Dengan hal tersebut, dalam rangka berperan aktif menfasilitasi agar pemahaman sistem pengelolaan penatausahaan keungan dan pertanggungjawaban bendahara dapat berjalan dengan baik, makan OPD Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Penatausahaan Keuangan dan Barang Milik Daerah bagi Bendahara Pengeluaran Pembantu SMA, SMK, dan SLB Negeri se- Sumatera Barat.

Baca  Seminar Internasional

Kegiatan ini dimaksud untuk meningkatkan kompetensi pelayanan administrasi keuangan dan pemahaman pengelolaan penatausahaan keuangan serta barang milik daerah bagu BPP SMA, SMK, SLB Negeri se-Sumatera Barat untuk mewujudkan Good Governance. Dan BPP di setiap sekolah tersebut mampu memahami pengelolaan penatausahaan dan Barang milik daerah berdasarkan prinsip-prinsip efektif, efesien, dan transparansi serta akuntabilitas.

Peserta kegiatan ini berjumlah 364 orang dari BPP SMA, SMK, SLBN yang tersebar disetiap Kab/ Kota Sumatera Barat. Kegiatan ini berlangsung di Kyriad Bumi Minang Hotel dan dibagi dalam empat angkatan dari 27 Febuari s/d 10 Maret 2017. Peserta tersebut dibekali pemahaman yang baik untuk pengelolaan dan penatausahaan dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, Badan Keuangan Daerah Provinsi Sumatera Barat, Kantor Pelayanan Pajar Pratama Padang, Inspektorat Provinsi Sumatera Barat, Tim Keuangan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, dan OPD Dinas Pendidikan.

Tentang Harsen Novan

Komunitas Seni Sako Minangkabau

Lihat Juga

Disdik Sumbar Berikan Bantuan Pendidikan Di Lombok


Warning: mysqli_num_fields() expects parameter 1 to be mysqli_result, boolean given in /var/www/disdik.sumbarprov.go.id/htdocs/wp-includes/wp-db.php on line 3182
Guna membantu korban bencana gempa di Lombok Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA dan Pembinaan Sekolah …