Minggu , 23 September 2018
Beranda / Halaman Utama / Disdik Sumbar Bawa 41 Kepsek Ke Negeri Jiran

Disdik Sumbar Bawa 41 Kepsek Ke Negeri Jiran

Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Disdik Sumbar) melakukan Penandatanganan Mou dengan Lincoln University Collage. Penadatanganan kegiatan ini difasilitasi oleh Universitas Muhammadyah Semarang(UNIMUS) melalui bagian International Relationship Organizer (IRO) Kali ini Unimus mendampingi dan memfasilitasi rombongan Ranah Minang yang terdiri sebanyak 41 orang kepala sekolah SMA Negeri perwakilan se-kabupaten / Kota di Provinsi Sumatera Barat dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat. Kegiatan international mobility berlangsung di Malaysia dari tanggal 11-14 Febuari 2018.

Penandatanganan ini merupakan kerja sama yang beberapa saat lalu direncanakan oleh Pemprov Sumbar berupa Kerjasama workshop bagi kepala sekolah di Sumbar, dan Penerimaan mahasiswa baru untuk Lincoln University  Collage bersedia menapung dan menerima calon siswa tersebut berkesempatan berkuliah di Negeri Jiran tersebut.

Rektor Unimus mengungkapkan bahwa kegiatan international mobility dilakukan untuk membangun jejaring lebih luas berskala international dan memfasilitasi internationalisasi sekolah-sekolah. “Sekolah perlu meningkatkan internasionalisasi lembaganya karena penting adanya jejaring internasional untuk pengembangan mutu pembelajaran dan penting pula sebagai poin dalam akreditasi sekolah.

Unimus menggandeng sekolah untuk membangun jejaring yang lebih luas lagi di kancah Internasional Kegiatan internasionalisasi tersebut antara lain dilakukan melalui MoU dengan Lincoln University College (LUC) dan short course program teaching methodology class di LUC. Kunjungan ke KBRI di Malaysia juga diagendakan dalam kegiatan tersebut untuk mempelajari peluang internasionalisasi di perguruan tinggi lain di Malaysia.

Baca  Meningkatkan Kompetensi Guru, Disdik Adakan Workshop PTK

Salah satu Kepala Sekolah yang berkesempatan hadir yakni Sufyeti yang mengepalai SMA N 2 Palembayan yang termasuk sekolah baru merasakan manfaat bagi kerjasama ini. Menurutnya sebagai sekolah baru, sekolahnya harus ikut banyak kegitan, baik lokal maupun international, jangan sampai ketinggalan oleh sekolah lain.

“walau sekolah masih baru, akan tetapi jangan sampai ketinggalan sama sekolah lain, kita tunjukan kalau kita bisa go International, dan untuk ananda murid muridku, tunjukan 2 tahun lagi kalian semua bisa berkuliah di LUC ini”. Tutur Kepsek baru ini.

Kadisdik Sumbar Burhasman  menambahkan, di era seperti ini sudah menjadi hal yang mutlak bagi SMA untuk menambah jejaring internasional dalam usaha peningkatan mutu pendidikan sekolah.

“Apalagi, jejaring internasional tersebut juga telah masuk dalam salah satu penilaian akreditasi sekolah. Setidaknya pula dari kegiatan itu, pihak sekolah juga semakin bertambah wawasan pendidikannya yang bisa dijadikan bahan referensi maupun pembanding agar anak-anak kita di Sumbar bisa semakin maju dan berwawasan international dan terimakasih banyak untuk Unimus melalui IRO yang sudah menfasilitasi kami” terang Burhasman.

 

 

Tentang Harsen Novan

Komunitas Seni Sako Minangkabau

Lihat Juga

Disdik Sumbar Berikan Bantuan Pendidikan Di Lombok

Guna membantu korban bencana gempa di Lombok Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA dan Pembinaan Sekolah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *