Jumat , 15 November 2019
Beranda / Halaman Utama / Disdik Sumbar Gelar Bimtek Pendidikan Keluarga

Disdik Sumbar Gelar Bimtek Pendidikan Keluarga

Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Disdikprov Sumbar) mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyelenggaraan Pendidikan keluarga, pada satuan pendidikan Provinsi Sumbar, kegiatan ini merupakan tahap II yang diadakan pada 2 s/d 5 September 2019 di Hotel Rocky, Padang.

Bimtek ini diikuti oleh Kepala Sekolah, Pengawas, Ketua Komite SMA/SMK/SLB, BP-Paud Dikmas, dan Pokja Pendidikan Keluarga. Hadir dalam kesempatan tersebut Dra Nike Kusumahani dari Kasubdit Pendidikan Orang Tua Kemendikbud yang sekaligus membuka acara kegiatan.

Dalam sambutannya Nike mengatakan bahwa kegiatan ini adalah amanah yang berat dipikulnya dalam pengembangan pendidikan keluarga “Ini adalah amanah yang berat yang harus saya laksanakan, amanah yang saya terima dari Direktur Pendidikan Keluarga dan Kadisdikprov Sumbar untuk meningkatkan pendidikan keluarga, saya berharap kepada peserta untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik karena tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas kepala satuan pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan keluarga di satuan pendidikan”, tuturnya.

Dalam wawancara terpisah, Kadisdikprov Sumbar Adib Alfikir mengatakan bahwa ini merupakan kewajiban kita untuk saling bahu membahu semua elemen penyelenggara pendidikan untuk meningkatkan pendidikan.

“Tantangan masyarakat sekarang sangat rumit karena budaya, pergaulan, pola hidur edoisme yang sangat marak dan bisa merusak.Untuk menghindari hal tersebut keterlibatan sekolah, orang tua di tidak hanya sebatas menyerahkan anak, dan membantu dalam bentuk pendanaan, akan tetapi diharapkan juga membantu dalam bentuk pengawasan”, tuturnya.

Baca  KP-RI DISDIKBUD SUMBAR BERIKAN BEASISWA ANAK ANGGOTA

Lebih lanjut Adib meminta keaktifan orang tua, guru dan kepala sekolah diharapkan bersama sama untuk mempunyai sikap yang sama di dalam memberikan pendidikan kepada anak, karena pendidikan harus dikawal secara bersama dan seksama.

Adapun program pendidikan keluarga dari Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat untuk memperkuat kemitraan antara keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat dalam membangun ekosistem pendidikan yang mampu menumbuhkan karakter dan budaya berprestasi peserta didik.
 

 

Lihat Juga

Upgrade Kemampuan Guru Disdik Adakan Seminar MGMP Ilmu-Ilmu Sosial

Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Disdikprov Sumbar) melalui Cabang Dinas Wilayah VII mengadakan Seminar Pendidikan …