Minggu , 21 April 2024

Launching & Sosialisasi Aplikasi E-Ijazah

Uptd Baltekkomdik Disdik Sumbar mengadakan Launching & Sosialisasi E-Ijazah di Aula Baltekkomdik.

Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat yang menaungi SMA, SMK dan SLB se Sumatera Barat sebelumnya menyimpan data ijazah tamatan dalam bentuk hardcopy di sekolah masing-masing. Ketika terjadi bencana alam, banjir, kebakaran, sekolah pindah, dimakan rayap dan masalah lainnya maka data ijazah akan rusak dan hilang. Ketika dibutuhkan oleh tamatan untuk legalisir, pencalonan anggota legislatif dan lain-lain, data susah dicari karena menumpuknya arsip disekolah tersebut. Penyimpanan secara hardcopy ini juga menyulitkan siswa yang sekolahnya didaerah yang jauh dari tempat kuliahnya karena harus menjemput jauh ke daerah ketika membutuhkan legalisir ijazahnya.

Permasalan yang dihadapi saat ini adalah belum adanya data base ijazah yang terpusat dan penyimpanan secara elektronik di dinas Pendidikan Sumatera Barat yang dapat diakses segera ketika dibutuhkan data ijazah tamatan.

Dengan segala permasalahan yang ada maka UPTD Balai TIK Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat dibawah pimpinan Bapak Nanda Edya Putra S.Si, M.CIO sejak September tahun 2022 mencitakan suatu aplikasi penyimpanan ijazah secara elektronik yang diberi nama E-Ijazah. E ijazah ini adalah suatu aplikasi penyimpanan ijazah secara elektronik secara berjenjang, dimulai dengan pengimputan oleh operator sekolah, verifikasi oleh sekolah sehingga tersimpan secara softcopy disekolah, mengalir datanya ke Cabang Dinas masing-masing wilayah, diverifikasi oleh Kepala Cabang Dinas Wilayah masing-masing dan tersimpan secara softcopy di Cabang Dinas, data selanjutnya mengalir ke server UPTD Balai TIK Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat.

Permasalahan kehilangan ijazah yang selama ini dialami serta keribetan pencarian ijazah yang dibutuhkan bisa terselesaikan dengan adanya aplikasi E-Ijazah ini. Dalam Aplikasi E-Ijazah ini juga tersedia filtur data tamatan, sehingga bisa dilihat untuk Daerah Sumatera Barat setiap tahunnya kemana siswa setelah tamat SMA, SMK, dan SLB. Berapa siswa yang melanjutkan Pendidikan ke PT Negeri, PT Swasta, bekerja dimana atau melakukan wirausaha apa, sesuai yang diinputkan oleh sekolah masing. Pencarian/legalisir ijazah bisa disekolah, di cabang Dinas maupun di Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat sehingga membantu siswa yang merantau atau tinggal jauh dari sekolah asalnya. Cukup membuka aplikasi E-Ijazah, ketik NIS/NIK dikolom pencarian, maka ijazah yang dibutuhkan dapat ditemukan.

Kegiatan ini berdasarkan Pergub 97 Th 2017 tentang percepatan digitalisasi pendidikan. Kegiatan yang dibuka dan di launching langsung oleh Kadisdik Sumbar.

Drs. Barlius, MM menegaskan agar digitalisasi dapat dirasakan oleh satuan pendidikan, agar transformasi ijazah digital yang diterapkan saat ini lebih efisien dan praktis sehinga yang selama ini terjebak dalam kertas mengertas sudah tidak libatkan.

 

Tentang Zamzami SP

Limitation is Only your Imagination..

Lihat Juga

PPDB Online : Studi Implementasi ke Jabar

Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat melakukan Studi Implementasi terkait pelaksanaan PPDB Tahun Ajaran 2024/2025 ke …

Tinggalkan Balasan