Jumat , 20 September 2019
Beranda / Bidang-Bidang / Pembinaan SMA / Disdik Sumbar Buka PPDB 2019 mulai 25 Juni

Disdik Sumbar Buka PPDB 2019 mulai 25 Juni

Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Disdikprov Sumbar) telah resmi mengumumkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019. Hal ini disampaikan Kadisdikprov Sumbar Adib Alfikri dalam press releasenya di Restoran Silungkang, Padang (20/6).

Sebelumnya Adib meminta maaf atas keterlambatan informasi PPDB 2019 ini, dalam kesempatan itu Ia mengatakan bahwa sebenarnya Disdikprov Sumbar tidak lamban dalam PPDB Online 2019 ini.

Saya meminta maaf atas nama Disdikprov Sumbar karena keterlambatan informasi PPDB Online 2019 ini.

“Sebenarnya tidak lambat, dari awal kami sudah menyusun jadwal itu pun sebelum saya dilantik menjadi Kadisdikprov ,” kata  Adib Alfikri yang di dampingi Kepala Biro Humas Setdaprov Sumbar dan jajaran di lingkungan Disdikprov Sumbar.

Kata Adib, dalam penyusuan jadwal PPDB Online 2019 tersebut sudah termasuk Peraturan Gubernur (pergub).

“Hanya saja ketika dikonfirmasi dengan biro hukum, ternyata harus difasilitasi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) bukan Kementerian Pendidikan,” jelas Adib Alfikri.

Karena harus difasilitasi Mendagri, maka harus direferensi ulang, sebetulnya referensi ini paling tidak lima belas hari kerja, karena pada saat itu Cuti Idul Fitri maka referensi ini sedikit terlambat.

Untuk PPDB 2019 ini dibuka dalam beberapa tahap. Pada 25-28 Juni dibuka pendaftaran offline bagi peserta luar zonasi untuk jalur prestasi dan anak guru dan tenaga kependidikan serta dalam zonasi untuk jalur prestasi dan anak guru dan tenaga kependidikan.

Baca  Wagub Sumbar Lantik 32 Kepsek SMA/SMK

Pengumuman calon diterima pada 29 Juni dan pendaftaran ulang bagi yang diterima pada 1 Juli. Untuk pendaftaran online biasa dilaksanakan dua tahap yaitu tanggal 4-6 Juli dengan pengumuman pada 8 Juli dan pendaftaran ulang pada 8-10 Juli. Adapun tahap dua dilaksanakan pendaftaran pada 11-12 Juli, pengumuman dan daftar ulang pada 13 Juli.

Sementara untuk sekolah yang tidak memiliki jaringan internet dilakukan pendaftaran offline ke sekolah yang dituju dengan dua tahap.

Tahap 1 dilaksanakan pendaftaran pada 4-6 Juli, pengumaman pada 8 Juli dan daftar ulang 8-19 Juli. Kemudian tahap 2 pendaftaran dibuka pada 11-12 Juli, pengumuman dan daftar ulang dilaksanakan pada 13 Juli.

Adib juga menginformasikan bahwa saat PPDB Online berlangsung terdapat posko-posko pengaduan.

“Kami membuat posko yang terletak di kantor Disdikprov Sumbar mengenai pengaduan-pengaduan PPDB 2019,” Tambah mantan Kadisporaprov Sumbar ini

Lihat Juga

Adib Alfikri : Guru Harus Kembangkan Kemampuan Kompetensi Bidang TIK

Perkembangan Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) saat ini semakin pesat memberikan tantangan tersendiri bagi semua …