Minggu , 16 Desember 2018
Beranda / Bidang-Bidang / Pembinaan SMA / Kadisdik Sumbar Lantik 4 Pengawas Sekolah

Kadisdik Sumbar Lantik 4 Pengawas Sekolah

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Kadisdik) Burhasman melantik empat orang Pengawas Sekolah yang baru yang menggantikan pengawas lama yang memasuki masa pensiun. Pelantikan ini dilaksanakan di Ruang Khusus Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (5/11).

Dihadiri oleh pejabat struktural Disdikprov Sumbar baik pejabat Eselon III & IV pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini berlangsung lancar.

Empat orang Pengawas sekolah ini nantinya akan bertugas sebagai pengawas sekolah yang telah ditentukan untuk pemenuhan pengawasan secara bertahap yang dilakukan oleh Disdikprov Sumbar, para pengawas ini berasal dari guru yang telah memiliki pangkat minimal IV/a.

Dalam sambutannya Kadisdik Sumbar menyampaikan bahwa jabatan fungsional seperti ini merupakan jabatan guru yang dianggap mampu dan berkompeten di bidangnya.

“Jabatan ini dipilih dari guru yang mampu dan cukup berkompeten, dalam jabatan saat menjadi guru menguasai kompetesi teknis yang diajarkan, ketika menjadi pengawas harus mampu meningkatkan kompetensi para guru yang menjadi binaannya nantinya”.

Pengawas yang dilantik yakni Yulita Suarni dari Guru Bahasa Inggris SMAN 1 Painan menjadi Pengawas Sekolah Disdikprov Sumbar untuk wilayah Pesisir Selatan, Reno Rahmi guru Sejarah berasal SMA 1 Padang, Isfariyeti dari guru BK berasal SMA 16 Padang, dan Andri Defrioka Guru Bahasa Inggris berasal SMKN 1 Padang, yang ketiganya ini diangkat dan ditugaskan  ini menjadi Pengawas Sekolah Disdikprov untuk wilayah Kota Padang.

Baca  Wagub Sumbar Buka Raker Pendidikan Sumbar

Pengawas ini adalah tenaga fungsional yang ditugaskan untuk pembinaan teknis pada sekolah untuk melakukan pembinaan kepada guru dalam peningkatan proses pembelajaran di sekolah.

Kadisdikprov Sumbar Burhasman juga berharap pengawas ini adalah perpanjangan tangan dari Disdik Sumbar untuk peningkatan proses pembelajaran di Sekolah yang ditunjuk.

“Pengawas ini perpanjangan tangan dari Dinas untuk peningkatan proses dan mutu pembelajaran, juga termasuk untuk meningkatkan inovasi-inovasi pembelajaran karena dunia pendidikan itu bersifat dinamis, akan ada pembaharuan setiap harinya, maka dari itu pengawas juga dituntut untuk meningkatkan kemampuan sekolah dari dirinya untuk mengikuti perkembangan pendidikan tersebut”, tutur mantan Kepala Dinas Pariwisat ini.

Untuk diketahui, sebuah sekolah harus saling besinergi dalam peningkatan prestasi sekolah, 3 elemen yang berperan penting dalam peningkatan proses pembelajaran. Ada guru sebagai pelaku pembelajaran, Kepala Sekolah sebagai Ketua, dan pengawas sebagai Supervisor. Ketiganya ini harus mampu bekerja sama untuk proses pembelajaran sesuai ketentuan.

Lihat Juga

Peringati Hari Guru, Disdik Sumbar Kembali Adakan Kejuaraan Badminton

Dalam rangka memperingati hari guru ke 73 yang jatuh pada 25 November lalu, Dinas Pendidikan …