Selasa , 13 November 2018
Beranda / Bidang-Bidang / Pembinaan SMA / SMAN 1 Padang Lakukan Student Exchange

SMAN 1 Padang Lakukan Student Exchange

Pada tanggal 30 oktober sd 4 november 2018 rombongan guru dan siswa SMAN 1 Padang sebanyak 58 orang melaksanakan kegiatan student exchange ke beberapa sekolah di Malaysia.

Drs. Nukman, M.Si selaku Kepala SMA N 1 Padang menyampaikan adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan pengalaman secara langsung kepada siswa mengenal sistem pembelajaran di luar negeri. Sebagai salah satu sekolah terbaik di Sumatera Barat, SMAN 1 Padang selalu berupaya memfasilitasi peserta didik untuk mendapatkan pengalaman dan kegiatan yang dapat membantu mewujudkan siswa siswi SMAN 1 Padang sehingga nantinya dapat bersaing di tingkat lokal,nasional maupun internasional.

Sekolah yang dituju pada tahun ini yang pertama adalah sekolah berasrama penuh Dato abdul Razak di Negeri Sembilan. Sekolah ini merupakan salah satu sekolah terbaik di Malaysia dimana para pelajarnya berasal dari seluruh wilayah Malaysia. Selain mengikuti pembelajaran di sekolah ini, juga dilakukan pertandingan olahraga persahabatan antar siswa.

Pada malam penutupan dilakukan pertukaran kesenian antar 2 negara dengan penampilan kesenian yaitu tari, lagu, piano antar siswa.

Selanjutnya pada kesempatan ini rombongan SMAN 1 Padang juga berkunjung ke Sekolah Menengah Kebangsaan Tuanku Jafar di Kuala Pilah dan Sekolah Menengah Kebangsaan Punchor.

Ketiga sekolah bersepakat membuat kerjasama dengan SMAN 1 Padang yang ditandai dengan penandatangan MoU antar ketiga sekolah dengan SMA N 1 Padang. Wakil humas SMA N 1 Padang, Ikhwansyah menyampaikan bahwa sekolah yang dikunjungi pada kegiatan tahun ini memberikan respon positif untuk dapat melakukan kerjasama, karena pada dasarnya dengan kerjasama antar SMAN 1 Padang di Indonesia dan Malaysia merupakan langkah nyata untuk menjalin hubungan yang lebih baik lagi antar negara khususnya di bidang pendidikan dan budaya. Kerjasama SMA N 1 Padang tidak hanya dengan tingkat sekolah, karena selain tiga sekolah tersebut, untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan mengenai universitas di luar negeri, rombongan SMA N 1 Padang juga melakukan kunjungan kampus yaitu ke UTM di Johor.

Baca  Disdik Sumbar Ajak Sekolah Matangkan Persiapan PPDB

Pada bidang kerjasama yang disepakati, dalam waktu dekat akan dilaksanakan debat bahasa inggris dan bahasa melayu antar SMA N 1 padang dengan sekolah sekolah di malaysia minimal melalui video conference. Sudiharto selaku guru bahasa inggris yang ikut pada kegiatan ini menyambut positif kerjasama yang akan dilakukan, karena salah satu pembelajaran bahasa inggris adalah debat dan saat ini SMA N 1 Padang juga sudah rutin melakukan video conference dengan siswa dari negara lain.Kegiatan ini juga dapat terlaksana dengan baik atas dukungan dari dinas pendidikan provinsi Sumatera Barat dan partisipasi orang tua siswa dan Asiatur selaku pihak travel agent.

Lihat Juga

Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2018/2019