Rabu , 21 Februari 2024

PERINGATAN HARI GURU NASIONAL 2023

Hari Guru Nasional (HGN) setiap tahunnya diperingati pada tanggal 25 November. Peringatan HGN juga menjadi ruang Apresiasi yang diberikan kepada para Guru atas semangat belajar, berbagi, dan berkolaborasi dalam merdeka belajar demi terwujudnya pembelajaran yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi peserta didik.

Tema peringatan HGN tahun 2023 adalah “Bergerak Bersama, Rayakan Merdeka Belajar”.

“Mari bersama kita berikan apresiasi dan penghargaan kepada para Guru-guru Indonesia yang selalu belajar, berbagi, dan berkolaborasi dengan semangat Merdeka Belajar, serta telah berjuang untuk menciptakan pembelajaran yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi murid,” tutur Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), Nunuk Suryani, di Jakarta

Peringatan HGN menjadi sarana untuk saling bercerita tentang capaian dan dampak Merdeka Belajar bagi guru maupun bagi peserta didik, khususnya dalam mengusung pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan.

Kemendikbudristek mengimbau seluruh ekosistem Pendidikan untuk terus bergotong royong dan saling menguatkan. Dengan demikian, belajar dan berbagi akan menjadi gerakan Pendidikan bagi para guru. “Siapapun Presiden, Menteri, Kepala Dinas atau apapun perubahan struktural yang terjadi, keberpihakan kepada murid, budaya untuk terus belajar, berbagi, dan berkolaborasi tidak akan pernah berubah dan padam.

         

Apresiasi GTK Tahun 2023 untuk Inovasi dan Inspirasi, Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan merupakan sebuah upaya Kemendikbudristek melalui Ditjen GTK untuk memberikan penghargaan kepada GTK dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka sesuai dengan peran dan tugasnya masing-masing guna menstimulasi GTK dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Apresiasi diberikan kepada GTK yang melakukan inovasi, berdedikasi, dan menginspirasi. Di samping itu, Apresiasi juga diberikan kepada Guru yang menjadi idola/panutan/favorit siswa.

Kategori Apresiasi GTK yaitu GTK Inovatif, GTK Dedikatif, GTK Inspiratif, dan Terima Kasih Guruku. Tema Apresiasi GTK Tahun 2023 adalah “Ciptakan Pembelajaran Berkualitas melalui Kurikulum Merdeka”. Tujuan Apresiasi GTK adalah :

1) Memilih dan menetapkan GTK yang mengimplementasikan Kurikulum Merdeka;

2) Memberikan apresiasi kepada GTK atas praktik baik dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka; serta

3) Memperoleh praktik baik Pembelajaran, kepemimpinan Pembelajaran, pendampingan, pelaksanaan administrasi sekolah, penatalaksanaan laboratorium, pengelolaan perpustakaan sekolah,

     pengelolaan satuan PAUD, dan pengimbasan yang mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

Peserta program Apresiasi GTK Tahun 2023 meliputi GTK di bawah binaan Kemendikbudristek, termasuk yang bertugas di Satuan Pendidikan Indonesia Luar Negeri (SPILN), yang terdiri atas Guru, Pendidik Paud, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Penilik, Tenaga Administrasi Sekolah, tenaga laboratorium sekolah, tenaga perpustakaan sekolah, Kepala satuan Paud, pamong belajar, Guru pembimbing khusus, dan peserta didik.

Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Pendidikan mendapat penghargaan Apresiasi GTK Inspiratif Tingkat Nasional dalam rangka HGN Tahun 2023 sebagai berikut :

  1. Kepala SMK Inspiratif Lili Suryati, S.Pd, M.Pd.T, Kepala SMKN 1 Sutera Kab. Pesisir Selatan
  2. Kepala SLB Inspiratif Welli Kornita, S.Pd,  Balkis Nur Adiba Kab. Pesisir Selatan
  3. Kepala SMA Inovatif Liza Lazwardi, S.Pd Kepala SMAN 1 Akabiluru Kab. Lima Puluh Kota
  4. Pengawas Dikmensus/SMA Dra. Yeni Putri, MM Pengawas SMA Kota Padang
  5. Kepala Sekolah Dedikatif Dikmensus Nofik Afriko S.Pd.I MM  Kepala SMAN 1 Siberut Utara
  6. Terbaik Guru Inspiratif SLB, Gilang Dwi Nanda, S P.d, Kepala SLBN 1 Padang
  7. Terbaik Guru Inovatif SMK, Bunga Sastra Mulya, S. Pd, Kepala SMKN 2 Kota SOLOK
  8. Terbaik Guru Inspiratif SMA, Nursyamsi S.Pd, M.Pd, Guru SMAN VII Koto Sungai Sarik Kab. Padang Pariaman
  9. Terbaik Guru Inspiratif SLB, Cicah Sarianingsih, Guru SLBN 1 Harau

Selamat kepada Guru-guru Inspiratif dan inovatif yang sudah terpilih.

Tentang Afriando

Lihat Juga

Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. H. Joko Widodo mengunjungi SMKN 5 Padang

Presiden RI Ir. H. Joko Widodo ( Jokowi ) melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sumatra …

Tinggalkan Balasan