Rabu , 19 Juni 2019
Beranda / Halaman Utama / 142 KEPALA SMK DAN SLB IKUTI RAKOR INTEREN BIDANG PENDIDIKAN

142 KEPALA SMK DAN SLB IKUTI RAKOR INTEREN BIDANG PENDIDIKAN

   Kepala sekolah memiliki peranan yang sangat besar terhadap kualitas serta semua potensi yang ada disekolah. Peran dan tanggungjawab kepala sekolah mampu mempengaruhi guru-guru pada sekolah tersebut.

     Sekaitan dengan hal tersebut Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat menyelenggarakan Rapat Koordinasi Interen Bidang Pendidikan bagi kepala SMK dan SLB angkatan II, 24 s.d. 26 Desember 2018 bertempat di Hotel Kyriad Bumi Minang jalan Bundo Kandung Padang.

      Rapat Koordinasi Interen Bidang Pendidikan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Drs. Burhasman, MM dan didampingi Kepala Bagian Perencanaan Drs. Djondri Busafril, Kepala Bidang Pembinaan SMK Drs. Syofrizal B, MT serta Kepala Bidang Pembinaan SLB Irman, S.Pd, MM, Senin malam  ( 24-12 ).

       Kepala Dinas Pendidikan  Provinsi Sumatera Barat Drs. Burhasman, MM selaku narasumber pada rapat koordinasi interen bidang pendidikan ini  mengatakan, sekolah merupakan unit pelaksana teknis yaitu unit melaksanakan kebijakan teknis. Dan teknis itu bisa bisa disampaikan melalui lewat edaran, keputusan dan rapat koordinasi.

      Dalam pelaksanaan teknis ini ujar Burhasman, banyak sekali kebijakan yaitu ada standar pelayanan minimal, standar pendidikan, kurikulum 13, program, kebijakana-kebijakan, integrasi.

      Semua kebijakan teknis pada bidang pendidikan ini Kadisdik mengharapkan kepada kepala sekolah harus melihatnya dalam satu kesatuan dan tidak boleh terpecah baik secara internal maupun teknis manejerial termasuk juga mendayagunakan potensi yang ada di sekolah.  

Baca  Peringatan Hardiknas, Pemprov Sumbar Ziarah Ke TMP Kusuma Negara

      Sementara ketua pelaksana Ibrahim, SH, MM dalam laporanya mengatakan, kegiatan rapat koordinasi interen bidang pendidikan  ini merupakan tindak lanjut rapat kerja yang dilakukan beberapa waktu yang lalu sesuai dengan komitmen dibuat yaitu sekolah membuat Rencana Penyusunan dan Anggaran Jangka Menengah ( RAPJM ), Rencana Kerja Tahunan, Rencana Kerja Sekolah.

       Mantan Kepala UPTD BLPT ini menuturkan, dengan adanya rencana yang dibuat tersebut akan lahirlah kegiatan-kegiatan dalam rangka pencapaian standar pelayanan minimal dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di sekolah.

       Kegiatan Rakor Interen Bidang Pendidikan dilaksanakan selama tiga hari, Senin hingga Rabu, 24 s.d. 26 Desember 2018 yang  ikuti sebanyak 142 kepala SMK, SLB dengan narasumber dari Bagian Sekretariat, Bagian Perencanaan, Bidang Pembinaan SMK, Pembinaan SLB serta narasumber dari luar yaitu Samsung.

       Dengan dihadirkannya narasumber dari Samsung ini ujar Ibrahim, karena SMK itu adalah lebih banyak berperan dalam bidang Imformatika Teknologi, karena hal-hal  menyangkut IT disampaikan Samsung sangat bermamfaat, dan kemudian hal selanjutnya tentu bagaimana kita melakukan evaluasi terhadap apa yang dibuat.

Lihat Juga

Disdik Sumbar Gelar LKS SMK Sumbar

Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Disdik Sumbar) melalui Bidang Pembinaan SMK mengadakan kegiatan Lomba Kompetensi …