Jumat , 6 Desember 2019
Beranda / Halaman Utama / Karya Inovasi Siswa Hadirkan Rumah Bahagia Hemat Energi

Karya Inovasi Siswa Hadirkan Rumah Bahagia Hemat Energi

Event Gebyar Pendidikan 2019 yang diadakan 4-6 oktober 2019 di Transmart Padang menampilkan karya Inovasi siswa, salah satunya SMA N 1 Lubuk Alung membuat karya inovasi rumah bahagia hemat energi yang dipamerkan pada event tersebut.

Model rumah bahagia yang dibuat oleh tim kabupaten Padang Pariaman ini, berupa lampu rumah yang dihidupkan menggunakan tepuk tangan dan akan mati sendiri jika tidak ada orang di dalamnya.

Di rumah tersebut juga terdapat sensor yang mengidentifikasi suhu tubuh manusia, jadi  bisa mendeteksi jika ada manusia dan menghidupkan/matikan alat elektronik lainnya. Di daerah taman juga terdapat lampu taman yang akan mati dan hidup otomatis tergantung pencahayaan.

“Kami menggunakan tepuk tangan karena sepertinya kebanyakan orang saat sedang bahagia dia akan bertepuk tangan maka itu kami beri nama karya kami dengan Rumah Bahagia”, ujar seorang siswa yang ikut dalam pembuatan rumah bahagia ini.

Mereka membuat rumah tersebut dikarenakan banyaknya masyarakat yang tidak menyadari untuk mematikan alat-alat elektronik setelah digunakan.

Dengan adanya rumah bahagia ini diharapkan dapat menghemat energi yang digunakan dalam satu rumah tangga.

Selain rumah bahagia, stand dengan no urut 21 ini juga membuat karya lain berupa papan tulis listrik lengkap dengan penghapus otomatis, traffic light, dan lainnya.

Karya-karya anak bangsa ini lahir karena permasalahan-permasalahan kecil yang kerap terlupakan oleh masyarakat. Mereka mampu mengamati dan memberikan solusi terhadap hal-hal kecil yang nantinya akan berdampak besar. (By: Mutia Kartika S)

Lihat Juga

Adib Buka Kongres MGBK Ke II

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Kadisdikprov Sumbar) Adib Alfikri membuka kongres Majelis Guru Bimbingan …