Kamis , 20 Juni 2024

Keunggulan diharapkan dapat membiaskan ke SMK- SMK lain

 

SMK 2 Batusangkar adalah SMK yang terpilih menjadi SMK pusat keunggulan dan diharapkan dapat membiaskan ke SMK- SMK lain.
Ada beberapa dukungan yang diberikan pemerintah untuk menyukseskan SMK PK, yaitu

1. Peningkatan SDM dengan meng upskilling dan mere-skilling SDM dan evaluasi diri untuk perbaikan kualitas diri

2. Pembelajaran yang siap kerja yaitu aplikasi teori dalam kegiatan praktek
3. Pendampingan dari banyak lini/ sinergi dari berbagai pihak seperti kunjungan yang dilakukan oleh Bapak Yusuf, ST. MT, Kepala BBPPMPV Pertanian Cianjur

Bapak Yusuf, S.T M.T Menyampaikan materi mengenai perubahan mindset. Mindset sulit dirubah karena ada yang menghalangi seperti blok ego, blok persepsi, blok intelektual, blok lingkungan/ budaya dan blok emosi. Untuk membangun world class mindset maka harus melakukan keselarasan pola pikir, budaya kerja, etos kerja dan mentalitas profesional kelas dunia, Ada beberapa cara untuk merubah pola pikir:
1. Berani merubah diri
2. Maknai kegagalan sebagai pengalaman dan guru dalam kehidupan
3. Membiasakan bekerja keras, tekun sampai tuntas
4. Berupaya mencari peluang/ kesempatan untuk memperbaiki kegagalan
5. Mengubah cara berpikir
6. Berpikir cepat

Selain itu juga meningkatkan soft skill, yaitu kemampuan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain ( interpersonal) dan keterampilan mengatur dirinya sendiri (intrapersonal)

Kepala SMK Negeri 2 Batusangkar, Bapak Budi Dharmawan, S.Pd MT menyatakan bahwa SMKN 2 berkomitmen mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas pembelajaran bagi siswa.

SMKN 2 juga akan mengembangkan kompetensi Agribisnis yang modern, membawa perubahan dari pertanian yang konvensional ke pertanian yang modern dan telah mengambil langkah nyata dengan membangun Green House dan mengirimkan siswa untuk digembleng di PT Farm Hill Solo dalam rangka mengikuti pembelajaran industri. Dengan hadir Dr. Yusuf ST, MT kepala BBPPMPV PERTANIAN Cianjur membentuk kaloborasi dan berkomitmen SMKN 2 batusangkar menjadi sekolah binaan dalam program SMK pusat keunggulan dengan memberikan dukungan untuk upskilling dan reskilling serta majemen dengan subtansi SMK pertanian.

Tentang Feri Balai

Lihat Juga

BIMTEK EVALUASI DAN PENYUSUNAN RKAS BOSP SMA, SMK DAN SLB NEGERI/SWASTA DINAS PENDIDIKAN PROVINSI SUMATERA BARAT TAHUN 2024

Mengingat Keberhasilan suatu penyelenggaraan kegiatan merupakan target yang senantiasa diharapkan tercapai oleh setiap pelaksanaan kegiatan, …

Tinggalkan Balasan