Sabtu , 20 April 2024

Latihan Dasar Penerapan Karakter Bagi Siswa Baru SMKN 4,7 dan 8 Padang

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Drs. Barlius, MM membuka secara resmi Latihan Dasar Penerapan Karakter bagi siswa baru SMK 4, SMK 7 dan SMK 8 bertempat di Lapangan sepak bola Cengkeh, Rabu (12/7/2023). Turut hadir Danramil 04 Cengkeh/LL Letda TNI Afrizal Chan serta Kepala SMKN 4, 7 dan 8 Padang

Koordinator Pelaksana Latihan Dasar Penerapan Karakter bagi siswa baru SMKN 4,7, dan 8 Padang Kota Padang, Deta Mahendra mengatakan, latihan berlangsung dari tanggal 12-14 Juli 2023. “Latihan dasar ini diikuti oleh siswa SMKN 4 dengan jumlah 312 orang, SMKN 7 sebanyak 192 orang dan SMKN 8 sebanyak 396 orang” ujar Deta.

Sementara Kapala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Drs. Barlius, MM dalam sambutannya mengatakan, bahwa untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul (2019-2024) diperlukan 5 tindakan strategis yang harus dilakukan, dimana salah satunya adalah peningkatan pendidikan karakter dan pengamalan Pancasila secara terus menerus. Pendidikan karakter harus terus diajarkan dan dipupuk kepada peserta didik seperti nilai-nilai kasih sayang, keteladanan, moralitas, prilaku dan kebhinekaan.

Hal ini senada dengan apa yang ada dalam Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional (Sisdiknas), pasal 1 ayat 1 yang menyebutkan bahwa guru harus dapat melaksanakan pembelajaran yang mengarahkan peserta didiknya secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta ketrampilan lainnya yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Pada hakekatnya, Pendidikan karakter tersebut didefinisikan sebagai usaha menanamkan kebiasaan-kebiasaan yang baik, sehingga peserta didik mampu bersikap dan bertindak bersandarkan nilai-nilai yang telah menjadi kepribadiannya. Pendidikan Karakter harus selalu diajarkan, dijadikan kebiasaan, dilatih secara konsisten dan kemudian barulah menjadi karakter bagi peserta didik.

Pelaksanaannya mampu mencegah dan mengatasi penyimpangan pada kepribadian anak sehingga anak dapat berkembang dengan baik. Sekolah dengan basis ketarunaan dalam kesehariannya, secara fisik memiliki ciri tersendiri.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat terbentuk sikap disiplin dan tanggung jawab yang ditanamkan pada siswa yang akan membuat mental mereka kuat dalam menghadapi dunia kerja. Serta sikap sikap positif lainnya yang dibutuhkan dunia kerja.

Sumber berita :  https://sinyalnews.com

Tentang Feri Balai

Lihat Juga

Pesantren Ramadhan Kolaborasi SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA/SLB NEGERI DAN SWASTA TAHUN 1445 H/ 2024 M

Tinggalkan Balasan