Jumat , 13 Desember 2019
Beranda / Halaman Utama / O2SN SMK Sumbar 2019 Resmi Digelar

O2SN SMK Sumbar 2019 Resmi Digelar

Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Disdikprov Sumbar) melalui Bidang Pembinaan SMK menggelar Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat SMK Se-Sumatera Barat yang diselenggarakan pada 28 s/d 31 Juli 2019. Pembukaan acara tersebut diadakan di Halaman Parkir Disdikprov Sumbar yang dibuka langsung oleh Plt Sekretaris Disdikprov Sumbar, Syofrizal (28/7).

Dalam O2SN ini memperlombakan lima cabang olahraga, yakni Atletik, Bulutangkis, Pencak Silat, Karate dan Renang baik dari tim putra maupun putri yang setiap Kab/Kota mengirim 15 peserta lomba baik putra maupun putri.

Dalam sambutannya Syofrizal menyampaikan agar para peserta menampilkan penampilan terbaik dalam ajang ini, karena para peserta adalah utusan terbaik dari kab/kota, dan tampilakan juga sportifitas, karena itu adalah hal yang utama.

Dengan adanya O2SN ini, ia berharap akan tumbuh bibit atlet yang mampu bertanding dengan baik dan dapat mengharumkan nama Provinsi Sumbar dikancah nasional dan internasional.

Lebih lanjut Syofrizal menyampaikan, para juri dan wasit yang sudah disumpah dengan janji juri, laksanakanlah tugas dengan baik, karena kita akan mempunyai  target untuk diberangkatkan menuju nasional.

“Kita ingin mencari peserta didik yang memiliki kemampuan lebih untuk menjadi atlet masa depan. Maka kita harus benar-benar selektif dalam menjaringnya,” paparnya.

Ketua Panitia O2SN SMK 2019 Raymon dalam laporannya menyampaikan kegiatan O2SN ini adalah seleksi provinsi yang nantinya pemenang akan dibawa untuk menuju tingkat nasional pada 25 s/d 31 Agustus di Banda Aceh. Selain itu peserta akan di dampingi oleh juri sebanyak 85 juri yang masing-masing cabang olahraga didampingi 16 juri.

Baca  Disdik Sumbar Gelar Bimtek Pendidikan Keluarga

Ketua Pelaksana mengungkapkan kegiatan ini bertujuan diantaranya meningkatkan kecintaan dan apresiasi dalam bidang olahraga, agar menjadi generasi yang sportif, jasmani yang kuat, dan memiliki kesehatan baik. selain itu, kegiatan ini juga menjaring para atlit untuk diperlombakan pada tingkat nasional.

Kepada para juara pertama setiap cabang lomba akan diberikan pelatihan menjelang bergulirnya O2SN tingkat Nasional nanti. Mereka nantinya akan ditraining langsung pada arena yang telah disiapkan jelang bergulirnya perhelatan nasional tersebut.

Adapun lokasi perlombaan diadakan di Gedung Pramuka untuk karate, SMAN 1 Padang untuk Pencak Silat, Hall Benteng untuk Bulu Tangkis, dan GOR Agus Salim untuk Atletik dan Renang. Para perserta seluruhnya nantinya akan mendapatkan sertifikat, khusus pemenang 1 s/d 3 dari setiap kategori akan meraih mendali Emas, Perak dan Perunggu serta tropi bagi juara umum.

Lihat Juga

Kuatkan Karakter Siswa, Disdik Sumbar Gelar GSMS

Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Disdikprov Sumbar) gelar pementasan seni Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) …