Selasa , 13 November 2018
Beranda / Halaman Utama / Peringatan HSP ke 90 Pemprov Sumbar

Peringatan HSP ke 90 Pemprov Sumbar

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-90 yang jatuh pada hari Minggu (28/10), Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menggelar upacara bendera yang diikuti seluruh pegawai, perwakilan organisasi kepemudaan,di Halaman Kantor Gubernur Sumatera Barat (29/10).

Hari Sumpah Pemuda (HSP) tahunan ini mengambil tema sentral ‘Bangun Pemuda Satukan Indonesia’. Di mana tema besar ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang mampu berkiprah pada zamannya, merawat kebhinekaan, dan tetap teguh mempertahankan NKRI.

Upacara tersebut dipimpin oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit dan dihadiri oleh Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintahan Provinsi Sumbar, Kapolda Sumbar, Dandim, Danlantamal, dan Danlanud Sumbar. Upacara tersebut berlangsung Khidmat yang juga diikuti oleh pemuda berprestasi.

Dalam pidatonya yang dibacakan Wagub merupakan pidato Menpora yang disampaikan kepada seluruh Pemuda Indonesi. Menpora mengatakan tahun 2019 bangsa Indonesia akan menggelar hajat besar untuk memilih dan menentukan pimpinan nasional dan daerah, di antaranya Pemilihan Presiden dan wakil Presiden, serta DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota.

Sehingga hal itu sangat diperlukan partisipasi aktif, peran penting dan tanggung jawab pemuda dalam menyukseskan mekanisme laju pemerintahan tersebut. Imam juga berpesan untuk menghindari gesekan-gesekan yang melemahkan persatuan, pemuda harus mampu keluar dari jebakan primordialisme, pemuda harus bangkit terus dengan hal-hal positif dan kreatif.

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggu mu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, gagasan, tekad, dan cita-cita, pengorbanan mu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia. Ayo, bangun pemuda satukan Indonesia,” pesan akhir Menpora yang dibacakan Nasrul Abit.

Baca  PERAN ORANG TUA, DAN SEMANGAT UNTUK BELAJAR

Wagub juga menambahkan, kepada generasi muda Indonesia saat ini agar juga memperlihatkan semangat kebangsaan dan kecintaan pada tanah air Indonesia dengan aktifitas inovasi, karya dan dharma bakti untuk ibu pertiwi. Tantangan globalisasi saat ini agar menjadi semangat, bagaimana pemuda Indonesia tidak kenal kata menyerah dan tetap gigih meraih prestasi untuk kejayaan Indonesia.

Selain itu juga Nasrul Abit meminta generasi muda Indonesia mesti menanamkan nilai-nilai kebangsaan Indonesia dalam prilaku yang berbudi pekerti dan santun menghormati orang tua, pendahulu para pahlawan bangsa.

“Jangan tanya apa yang diberikan negara kepadamu, akan tetapi tanyalah pada diri sendiri, apa yang telah engkau berikan kepada negaramu. Maka berjuang dan berusahalah untuk kemajuan dan kejayaan Indonesia,” jelas Nasrul Abit.

Lihat Juga

118 WAKA KURIKULUM SMA IKUTI WORKSHOP

Berdasarkan undang-undang no. 23 tahun 2018 ada enam urusan pemerintahan wajib yang bersifat pelayanan dasar …