Jumat , 14 Juni 2024

Remaja Kenal Hukum Taat Aturan Masyarakat Aman

Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Drs. Barlius, MM melepas keberangkatan peserta Parlemen Remaja Tingkat Nasional asal Sumatera Barat.

Dalam sambutannya, Barlius berpesan agar peserta parlemen remaja dari Sumbar menjaga nama baik daerah selama mengikuti acara Parlemen Remaja. “Kalian pantas bangga, sebab dari ribuan orang yang ikut mendaftar untuk jadi peserta parlemen remaja dari seluruh Indonesia, hanya 134 orang yang dinyatakan lolos, dan itu termasuk ananda” ujar Barlius.

Untuk itu dalam mempublikasikan seluas-luasnya kepada calon peserta Parlemen remaja.

 

bapak minta, tolong jaga nama baik Sumatera Barat dan sekolah, sebab ananda itu adalah cerminan dari Sumatera Barat, ujarnya.
Parlemen remaja merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Sekretariat Jenderal DPR-RI sebagai wadah memberikan pembelajaran politik kepada generasi muda, khususnya pelajar tingkat SMA/SMK/MA s

ederajat di seluruh Indonesia. Mereka akan merasakan simulasi menjadi Anggota DPR RI selama 6 hari mulai Senin-Sabtu 11 s.d 16 September 2023. Pada tahun ini Parlemen Remaja mengusung tema “Remaja Kenal Hukum: Taat Aturan, Masyarakat Aman”. Dalam kegiatan tersebut mereka akan merasakan simulasi bagaimana menjadi seorang anggota DPR RI.

Proses pendaftaran peserta dilaksanakan mulai tanggal 11 Juli -2 Agustus 2023.

Peserta melakukan pendaftaran dengan mengirimkan CV, esai, dan video lalu dinilai dan diseleksi pada tanggal 3-13 Agustus 2023. Adapun bobot penilaian CV sebesar 25%, penilaian esai sebesar 40%, dan penilaian video sebesar 35% dan hasilnya telah diumumkan pada 14 Agustus 2023 .

Parlemen Remaja selalu menghadirkan animo yang besar dari generasi muda. Tiap tahunnya, tak kurang dari 5.000 pelajar yang mendaftar untuk menjadi Anggota Parlemen Remaja. “Jejaring alumni Parlemen Remaja juga turut Terpilihnya Raisya Putri Ramadhani, siswi SMAN 3 Padang sebagai bagian dari Parlemen Remaja 2023 bersama 134 siswa se-Indonesia membuat dirinya merasa bersyukur dan bahagia.

“Alhamdulillah, saya bersyukur dan bahagia bisa lolos dalam seleksi bergengsi tingkat nasional ini. Karena dapat menambah pengalaman serta berkenalan dengan teman teman utusan dari seluruh Indonesia”, ucap Raisya.

“Semoga dengan mengikuti kegiatan ini, saya semakin paham secara holistik terhadap peran, tugas, wewenang, dan kewajiban DPR dalam mengawal proses kehidupan berdemokrasi di Indonesia, dapat memberikan kontribusi dan dampak positif yang nyata melalui diskusi dan pertukaran gagasan yang dilandasi semangat kader untuk Indonesia yang lebih baik. dapat mengasah kemampuan untuk mengenal lebih dalam tentang proses demokrasi di parlemen kita, serta menjadi bekal untuk mempersiapkan masa depan,” ujarnya.

 

Kepala SMAN 3 Padang, Helmida ikut bangga dan senang atas prestasi demi prestasi yang diraih anak didiknya.
“Alhamdulillah, luar biasa ananda. Semoga menginspirasi kawannya yang lain agar ikut menemukan potensi diri dan menemukan pola sukses dalam hidupnya,” harapnya.

BY:sinyalnews

 

 

Tentang Feri Balai

Lihat Juga

BIMTEK EVALUASI DAN PENYUSUNAN RKAS BOSP SMA, SMK DAN SLB NEGERI/SWASTA DINAS PENDIDIKAN PROVINSI SUMATERA BARAT TAHUN 2024

Mengingat Keberhasilan suatu penyelenggaraan kegiatan merupakan target yang senantiasa diharapkan tercapai oleh setiap pelaksanaan kegiatan, …

Tinggalkan Balasan