Minggu , 16 Desember 2018
Beranda / Halaman Utama / Disdik Sumbar Gelar Lomba MTQ, Hafidz Qur’an dan Dakwah Tingkat SMA/SMK Se-Sumbar

Disdik Sumbar Gelar Lomba MTQ, Hafidz Qur’an dan Dakwah Tingkat SMA/SMK Se-Sumbar

Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Disdik Sumbar) menggelar Lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ ), Hafidz Qur’an, dan Dakwah tingkat pelajar SMA/SMK Se Sumbar. Acara tersebut berlangsung pada 21 s/d 22 November 2018 yang dibuka di Masjid Baiturrahmah Padang.

Hadir dalam kegiatan tersebut yakni Gubernur Sumbar yang diwakili oleh Kadisdik Sumbar, Eselon III & IV di lingkungan Disdik Sumbar, Juri Undangan, Guru, dan Kepala Sekolah Se Kota Padang.

kegiatan ini adalah yang pertama kali digelar oleh Disdik Sumbar dan akan menjadi agenda tahunan yang dilakukan oleh Disdik Sumbar dan sekaligus untuk menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW. Dalam sambutan tertulisnya, Gubernur mengimbau agar perhelatan MTQ tidak sekedar menjadi syiar umat Islam, melainkan menjadi momen untuk melakukan internalisasi nilai-nilai yang termaktub dalam Al Quran sekaligus mengamalkannya. MTQ tidak hanya menjadi ajang syiar Islam, namun semestinya mampu menjadi pemacu agar umat Islam mengamalkan ajaran Al Quran.

Disamping itu Kadisdik Burhasman menyampaikan tujuan kegiatan ini sesuai dengan UU 20 tahun 2013 mengenai penguatan pendidikan karakter yang harus terintegrasi dalam penguatan pendidikan.

“ini termasuk dalam pendidikan karakter yang siswa diharapkan mampu menguatkan dan penghayatan isi kandungan Al-Qur’an, karena kita tahu Al-Qur’an adalah sumber ilmu dari segala ilmu, semoga nantinya siswa kita mampu mengenal sains dan pendidikan melalui Al-Qur’an”, tuturnya yang sekaligus membuka agenda tersebut.

Baca  SMAPSIC XIII + JR 9 SMA N 1 PADANG TAHUN 2018

“Saya percaya bahwa dengan semakin maraknya kegiatan mengkaji dan mempelajari Al-Qur’an, hal ini membuktikan bahwa kehidupan beragama di antar siswa SMA/SMK di Sumbar terasa semakin sejuk dan membawa ketenangan serta kedamaian, sejalan dengan fitrah ajaran Islam itu sendiri sebagai agama kedamaian dan keselamatan,” tambahnya.

untuk diketahui, peserta yang mengikuti acara ini sebanyak 228 orang yang berasal dari putra putri siswa SMA/SMK se-Sumbar, dan untuk tempat pelaksaan dilaksanakan untuk tingkat SMA  MTQ di SMAN 1 Padang, Hafidz di SMAN 2 Padang, dan lomba Dakwah di SMAN 3 Padang. Sedangkan untuk tingkat SMK MTQ di SMKN 2 Padang, Hafidz di SMKN 6 Padang, dan Dakwah di SMKN 9 Padang.

 

Lihat Juga

Disdik Sumbar Gelar Workshop SPM Angkatan III

Berdasarkan undang-undang no. 23 tahun 2018 ada enam urusan pemerintahan wajib yang bersifat pelayanan dasar …