Jumat , 16 November 2018
Beranda / Bidang-Bidang / Pembinaan SMK / 99,6 % Siswa SMK Mengikuti UNBK

99,6 % Siswa SMK Mengikuti UNBK

Hari pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Sumatra Barat berjalan lancar. Sebanyak 25.548 siswa SMK dilaporkan mengikuti UNBK di seluruh Sumbar. Namun ternyata belum seluruh SMK di Sumbar yang mengikuti UNBK. Persentase siswa yang mengikuti UNBK di Sumbar baru 99,6 persen. Di Kabupaten Kepulauan Mentawai, masih ada 101 siswa dari dua SMK di sana yang belum menjalani UNBK. Sebagai gantinya, ujian nasional dilakukan secara tertulis.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar Burhasman menjelaskan, kedua SMK di Mentawai yang belum mengikuti UNBK disebabkan akses internet yang belum terbangun. Ia menargetkan tahun 2019 mendatang Pemprov Sumbar bisa bekerjasama dengan Telkom untuk menyalurkan akses internet ke kedua sekolah tersebut.

Burhasman menambahkan, pihaknya sudah optimal mempersiapkan pelaksanaan UNBK 2018 ini. Di Sumatra Barat sendiri belum ada laporan kecurangan atau hambatan yang berarti bagi siswa untuk mengikuti ujian. Sejumlah siswa yang dilaporkan sakit, akan diberikan ujian susulan.

“Nanti kita akan kumpulkan laporan dari seluruh sekolah yang melaksanakan UNBK. Tapi sejauh ini lancar,” katanya usai mendampingi Gubernur Sumatra Barat saat meninjau pelaksanaan UNBK di SMK 9 Padang, Senin (2/4).

Sejauh ini untuk permasalahan teknis hanya beberapa sekolah yang terkendala karena listrik, pada saat UNBK dilaksanakan beberapa sekolah mati lampu sehingga terhambat sesaat pelaksanaan UNBK, akan tetapi secara keseluruhan UNBK SMK di Sumbar berjalan dengan lancar.

Baca  Disdik Sumbar Sosialiasi Pembaharuan Verwil SMK

“Jadi  di Sumatra Barat untuk UNBK yang SMK sudah 99,6 persen dan SMA nanti 87 persen. Masalahnya bukan komputer namun akses sinyal,” kata Burhasman.

Burhasman menargetkan tahun 2019 mendatang pihaknya bisa menggandeng Telkom untuk memberikan akses internet bagi daerah-daerah yang belum tersentuh internet. Beberapa daerah prioritas yang tahun ini dibangun akses internet adalah Kepulauan Mentawai, Solok Selatan, dan Pasmaan Barat.

 

 

Lihat Juga

Berita Duka Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar

KELUARGA BESAR DINAS PENDIDIKAN PROVINSI SUMATERA BARAT Mengucapkan Turut Berduka Cita atas Berpulangnya ke Rahmatullah …