Sabtu , 7 Desember 2019
Beranda / Halaman Utama / Adib Buka Smalfest Kwali II

Adib Buka Smalfest Kwali II

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Adib Alfikri) secara resmi membuka kegiatan Smalfest Kwali (Sman lima festival Kewirausahaan dan literasi) II di SMAN 5 Padang (19/10).
Smalfest kwali adalah agenda kegiatan tahunan SMA negeri 5 Padang, yang menuntut siswa untuk mengembangkan bakat entrepreneur dan literasinya. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Komite, Wali murid, dan mengundang pihak swasta lainnya.
Kadisdik Adib Alfikri dalam sambutannya memberi apresiasi kegiatan ini, dan berharap agar sekolah lainnya dapat mencontoh kegiatan tersebut.
“Apresiasi saya kepada kepala sekolah yang telah mengangkat kegiatan ini untuk kedua kalinya, dan saya sangat berharap agar sekolah lain dapat meniru kegiatan ini”, tuturnya
Dikatakan Adib bahwa dasarnya orang Minangkabau adalah pedagang, bahkan dalam Islam sendiri berdagang adalah termasuk pintu rezeki, maka dari itu tanamkan jiwa entrepreneur sejak dini kepada siswa kita, pungkasnya.
Selain festival kewirausahaan, kegiatan ini juga diisi dengan agenda literasi yang juga mengundang pihak swasta lainnya, dalam hal ini adalah harian koran, di samping itu juga mengadakan bedah buku dan pembukaan pustaka baru yang direhap.
“Tulisan anak-anak ini harus diespos, terlebih sudah buat tabloid sendiri, dan saya meminta agar sekolah terus bekerjasama dengan harian koran, agar memberi ruang kepada siswa kita, karena dalam era 4.0 siswa diharuskan paham dan memiliki kemampuan menulis”, ungkapnya.
Adib juga menambahkan dalam hal uang iuran sekolah kepada wali murid yang hadir
“Tidak ada pendidikan yang gratis, dalam undang-undang ada pendidikan yang berkeadilan, yang mampu subsidi yang kurang mampu, dan saya meminta kontribusi kita semua untuk mendapatkan pendidikan yang berkeadilan dan jangan jadikan keterbatasan menjadi penghalang untuk maju”, tutupnya.

Lihat Juga

Kuatkan Karakter Siswa, Disdik Sumbar Gelar GSMS

Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Disdikprov Sumbar) gelar pementasan seni Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) …