Jumat , 23 Agustus 2019
Beranda / Halaman Utama / Disdik Sumbar Ajak Siswa Kembangkan Bakat Melalui Lomba Debat

Disdik Sumbar Ajak Siswa Kembangkan Bakat Melalui Lomba Debat

Melalui Bidang Pembinaan SMA, Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Disdikprov Sumbar) melaksanakan kegiatan Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan National Schools Debating Championship (NSDC) Tingkat SMA. Kegiatan yang diadakan di Bumi Minang Hotel, Padang tersebut berlangsung selama 29 Juli s/d 1 Agustus 2019 yang Peserta kegiatan diikuti dari 19 kab/kota  yang ada di Provinsi Sumbar.

Kegiatan ini bertujuan untuk peningkatan kompetensi dan keterampilan siswa dalam bidang bahasa, kegiatan ini banyak memberikan pemahaman agar para peserta yang merupakan para generasi milenial penerus bangsa untuk selalu mengasah kemampuannya dalam menanggapi isu yang terjadi di Indonesia dengan baik. Debat itu untuk saling berbagi pengalaman, berbagi pemikiran dan berbagi solusi dalam menyelesaikan masalah.

Kegiatan ini dibuka oleh Kabid PSMA Suryanto, dalam pembukaannya beliau menyampaikan  kegiatan ini adalah seleksi tingkat provinsi yang nantinya pemenang akan dikirim menuju tingkat nasional yang akan diadakan di Banjarmasin.

“Kemampuan literasi, menganalisa dan menerjemahakan topik yang diberikan kepada siswa yang mampu mengaktualisasikan pendapatnya dan menguasai topik nantinya akan terlihat dalam debat ini, dan pemenang akan dikirim ke tingkat nasional, saya berharap, peserta yang mengikuti lomba debat tersebut harus bersikap baik dan dan bisa meraih yang terbaik dan bisa mewakili Sumbar ke tingkat Nasional” tuturnya.

Suryanto juga menambahkan bahwa para siswa harus enjoy dan menikmati kegiatan ini, menurutnya para siswa jangan terbebani untuk gelar juara, karena yang berada di sini adalah para juara.

Baca  KEGIATAN PEMBERDAYAAN PENGAWAS SEKOLAH DAN AKADEMIK dalam SUPERVISI MANAJERIAL SEKOLAH TAHUN 2014

“Kalau enjoy, peserta akan bisa menargetkan gelar juara, dan berlombalah dengan baik” tambahnya.

Untuk diketahui, peserta yang hadir adalah pemenang dari tingkat kab/kota yang berjumlah 57 orang untuk LDBI dan NSDC sebangay 57 orang, yang total peserta 114 orang yang didampingi oleh 19 pendamping.

 

Lihat Juga

Adib Alfikri : Guru Harus Kembangkan Kemampuan Kompetensi Bidang TIK

Perkembangan Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) saat ini semakin pesat memberikan tantangan tersendiri bagi semua …