Warning: mysqli_num_fields() expects parameter 1 to be mysqli_result, boolean given in /var/www/disdik.sumbarprov.go.id/htdocs/wp-includes/wp-db.php on line 3182
Rabu , 26 September 2018
Beranda / Bidang-Bidang / Pembinaan SMK / Kominfo Gandeng Siswa SMK untuk E-Commerce

Kominfo Gandeng Siswa SMK untuk E-Commerce

Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Sumbar (Diskominfo) mengadakan Sosialisasi Web untuk UMKM di Sumbar. Diskominfo ingin mengajak UMKM lebih aktif dalam bidang E-Commerce, yang saat ini sangat gencar diadakan, dan sosialisasi penggunaan internet cerdas untuk generasi muda saat ini. kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium Gubernuran Sumbar (11/12).

Perdagangan elektronik (electronic commerce atau e-commerce) adalah penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran barang dan jasa yang mengandalkan sistem elektronik, seperti internet, televisi, atau jaringan komputer lainnya.

E-commerce melibatkan transfer dana dan pertukaran data elektronik, sistem manajemen dan pengumpulan data secara otomatis. E-commerce adalah salah satu bisnis yang paling sering digeluti oleh masyarakat di Indonesia karena memberikan keuntungan yang menjanjikan.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Ibu triana Rudiantara selaku Ibu Menteri Kominfo, Septriana Tangkary Direktur Pemberdayaan Telekomunikasi dan Informasi Kominfo, Septianto dari blibli.com, pelaku UMKM, dan Siswa/i dari SMK 8 dan 4 Sumbar.

dalam kesempatannya Triana Rudiantara menyampaikan Pemerintah benar-benar harus cepat tanggap atas masifnya kemunculan bisnis model baru yang berkembang di masyarakat, terutama yang didorong oleh teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Karena selain transportasi online, masih banyak lagi aplikasi akan masuk ke Indonesia dengan kapitalisasi lebih besar.

“Kurikulum SMK pun sudah banyak bersinergi ke sektor-sektor industri. Kerja kita ke depan tinggal membentuk mereka sebagai tenaga TIK siap pakai, yang bahkan melebihi kemampuan lulusan bertitel sarjana”. tuturnya.

Baca  Marhaban ya Ramadhan 1437H

Penguatan SDM industri ini menjadi salah satu inti dari arahan Bapak Presiden Jokowi karena menjadi elemen penting bagi kekuatan ekonomi baru di Indonesia,” papar dia.

Disamping itu, Septriana Tangkari selaku Direktur pemanfaatan Telekomunikasi dan Informasi Kominfo menyampaikan anak sekolah saat ini sudah terbiasa dengan Gedget, bisa di pakai untuk membantu dan mengembangkan UMKM.

“kids jaman now sekarang sudah paham betul dengan aplikasi, bisa memamfaatkan untuk go E-Commerce, banyak karya mereka yang siap dijual ke pasar, jadi sudah saatnya menggunakan internet sehat, bukan untuk hal yang macam-macam” tuturnya

Setiap tahun, ada sekitar 1 juta siswa SMK lulus. Mereka tak cuma di kota, tapi hadir dari pelosok-pelosok desa di Nusantara. Merekalah yang akan menjadi operator; operator digital ekonomi Indonesia.

konsep seperti ini dengan mengenalkan market palace kepada siswa SMK. karen mereka membuat banyak karya, seperti kriya, keramik, batik dan yang lain. hasil karya mereka bisa dipasarkan dengan market palace yang sudah ada saat ini, seperti blibli.com, bukalapak, tokopedia, Go-Jek, blanja.com dan market palace lainnya.

 

Tentang Harsen Novan

Komunitas Seni Sako Minangkabau

Lihat Juga

Disdik Sumbar Berikan Bantuan Pendidikan Di Lombok

Guna membantu korban bencana gempa di Lombok Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA dan Pembinaan Sekolah …