Jumat , 5 Juni 2020

Tingkatkan Digitalisasi, Disdik Sumbar Gelar Bimtek E-Rapor

Dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran di SMK khususnya administrasi penilaian oleh peserta didik dan satuan pendidikan, Direktorat Pembinaan SMK pada tanggal 1 Desember 2016 meluncurkan aplikasi e-Rapor berbasis client-server untuk SMK. Aplikasi e-Rapor adalah aplikasi client-server berbasis web. Pengembangan aplikasi e-Rapor berbasis web ini bukan tanpa alasan. Alasan terbesarnya adalah fleksibilitas perangkat yang dapat mengakses aplikasi ini.

Maka dari itu, Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Disdikprov Sumbar) melalui UPTD Baltekomdik Disdik Sumbar melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) E-Rapor yang diikuti oleh Wakil Kurikulum dan Admin Operator sekolah. Acara Bimtek ini dilaksanakan  dari tanggal 22 s/d 24 Januari 2020 di Edotel SMKN 6 Padang.

Setelah pelaksanaan bimtek tersebut diharapkan peserta  mampu mengimplementasikan pengelolaan nilai rapor secara elektronik pada tahun pelajaran penerimaan rapor mendatang, Sehingga orang tua murid dapat mengakses nilai raport melalui internet.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kadisdikprov Sumbar Adib Alfikri, dalam sambutannya ia mengatakan pada tahun 2020 mendatang untuk sekolah sudah tuntas menggunakan E-rapor.

“Sesuai sama arahan mas menteri untuk digitalisasi dan surat edaran dari Dirjen PSMK Kemendikbud RI diharapakan seluruh SMK di Sumbar ini sudah 100% menggunakan E-Rapor yang dapat mempermudah pekerjaan kita,” tutur Adib saat pembukaan.

Lebih lanjut ia juga menegaskan agar kalau perlu untuk digitalisasi sistem ADM guru sudah menggunakan sistem elektronik.

“setelah ini saya sudah tegaskan pada jajaran di dinas bahwa tidak hanya e-Rapor sistem administrasi guru dan lainnya sudah menggunakan sistem daring, agar guru guru ini tidak direporkan lagi dengan masalah admnya yang sangat mengganggu pelajaran murid-muridnya nanti”

“Dan untuk kegiatan ini tidak hanya kegiatan seremoni saja dibuka lalu selelsai dan tidak ada actionya, kedepannya sekolah SMA/SMK harus diwajibkan E-Rapor.”

Sementara itu, PPTK kegiatan Raymond BP menjelaskan kegiatan ini untuk mendigitalisasi SMK dan nantinya ada beberapa zona.

“Ini adalah upaya kita untuk mendigitalisasi dan juga sesuai arahan Dirjen PSMK kepada kami, dan ini nanti akan ada dilaksanakan beberapa zona yakni hingga zona 4,” ungkapnya.

Diharapkan kegiatan ini mampu meningkatnya pemahaman peserta Workshop mengenai penilaian hasil belajar baik aspek sikap, aspek pengetahuan maupun aspek keterampilan, peserta mampu merencanakan dan melaksanakan penilaian hasil belajar peserta didik yang berkualitas sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai, meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta mampu mengolah hasil penilaian dan menindak lanjutinya dengan aplikasi e-Rapor (Client-Server) berbasis Web.

 

Lihat Juga

Innovasi dalam Manajemen Kinerja

Innovasi dalam Manajemen Kinerja Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat